Waspada
Waspada » Penumpang Meningkat, AP II Perketat Prokes
Sumut

Penumpang Meningkat, AP II Perketat Prokes

DELISERDANG (Waspada): Pergerakan arus penumpang pada libur panjang yang dimulai sejak 28 Oktober lalu, di Kualanamu International Airport (KNIA) meningkat. Peningkatan pergerakan tersebut disebabkan oleh stimulus yang diberikan pemerintah untuk biaya passenger service charge (PSC) atau airport tax.
Informasi dihimpun Waspada, Kamis (29/10), peningkatan arus penumpang sudah terjadi sejak 24 Oktober lalu. “Data jumlah penumpang, 24 Oktober mencapai 7500, yang biasanya perhari jumlah penumpang 5000 hingga 6000 orang,” kata Executive General Manager (EGM) PT. Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu Djodi Prasetyo.
Dan khusus pada libur panjang dimulai 28 Oktober hingga 29 Oktober 2020, jumlah penumpang mencapai 10 ribu orang. Dan angkutan pesawat udara perharinya datang dan pergi 90 penerbangan (flight).
Pihak PT. AP II selaku pengelola bandara lanjut Djodi Prasetyo sejak awal sudah memprediksi dan mengantisipasi akan terjadinya peningkatan jumlah penumpang.
“Sudah kami antisipasi di lapangan, sebelum cuti bersama atau libur panjang ditetapkan pemerintah 28 Oktober hingga 1 November 2020,” paparnya.
Kendati terjadi peningkatan penumpang, tapi protokol kesehatan (prokes) di KNIA dijalankan dengan ketat. Sebagai bagian langkah antisipasi, KNIA mengaktifkan piket siaga operasi,26 Oktober  hingga 1 November 2020.
Djodi menambahkan, fasilitas di gedung terminal, sisi darat, dan sisi udara seperti runway, taxi way, apron dan fasilitas penunjang lainnya dipastikan berfungsi dengan baik agar operasional penerbangan selalu berjalan lancar.
Untuk diketahui airlines di KNIA yang saat ini masih beroprasi, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, AirAsia, Susi Air dan beberapa penerbangan charter.
Sedangkan rute tujuan saat ini masih didominasi penumpang rute keberangkatan Jakarta.(a13/C)

Teks. Calon penumpang dari sejumlah maskapai antre saat memasuki terminal keberangkatan KNIA. Waspada/Irianto

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2