Pentingnya Peran Serta Masyarakat Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar

Pentingnya Peran Serta Masyarakat Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar

  • Bagikan
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution tersenyum melihat hasil panen bawang merah di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.Waspada/ist
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution tersenyum melihat hasil panen bawang merah di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.Waspada/ist

Pemerintah Kota Padangsidimpuan di bawah kepemimpinan Irsan Efendi Nasution SH sebagai Wali Kota dan Ir. Arwin Siregar sebagai Wakil Wali Kota dituntut untuk mewujudkan visi Padangsidimpuan yang Berkarakter, Bersih, Aman Dan Sejahtera (Bersinar) dalam membangun dan memajukan Kota Padangsidimpuan.

Visi Padangsidimpuan bersinar yang telah dituangkan pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2023 menjadi landasan atau pijakan bagi Pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam menyusun dan melaksanakan berbagai program pembangunan di berbagai sektor.

Untuk mewujudkan Padangsidimpuan Bersinar yang menjadi cita-cita Irsan Efendi Nasution SH bersama Ir. Arwin Siregar saat kampanye pada Pilkada Kota Padangsidimpuan Tahun 2018 tidak akan berhasil tanpa dukungan berbagai pihak. Salah satu diantaranya peran serta masyarakat Kota Padangsidimpuan yang tersebar di enam kecamatan.

Peran serta masyarakat dalam mewujudkan Padangsidimpuan Bersinar, tentu tidak muncul begitu saja tanpa melakukan edukasi dan motivasi terhadap berbagai lapisan masyarakat untuk terdorong ikut mendukung dan mensukseskan berbagai program pembangunan di berbagai sektor.

Pentingnya peran serta masyarakat dalam mewujudkan Visi Padangsidimpuan Bersinar, berbagai upaya telah dilakukan Pemko Padangsidimpuan, termasuk memberikan edukasi, motivasi dan pencerahan terhadap masyarakat melalui berbagai program Pemko Padangsidimpuan,

Jika Visi Padangsidimpuan Bersinar mendapat dukungan penuh dari masyarakat, maka upaya untuk mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang ‘Berkarakter, Bersih, Aman Dan Sejahtera’ tidak akan banyak menghadapi hambatan dan tanganan. Namun perlu dipahami bahwa semua pekerjaan pasti ada tantangannya.

Terlepas dari adanya hambatan dan tantangan yang dihadapi Pemko Padangsidimpuan dalam mewujudkan Visi Padangsidimpuan Bersinar, Pemko Padangsidimpuan dibawah kepemimpinan Irsan Efendi Nasution SH dan Ir. Arwin Siregar telah menorehkan berbagai prestasi dalam 3 tahun memimpin Kota Padangsidimpuan.

Salah satu prestasi yang dicapai Pemko Padangsidimpuan adalah mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kota Layak anak. Tentu prestasi tersebut dapat diraih atas peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kota Padangsidimpuan menjadi kota yang aman dan ramah terhadap anak.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution terima penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diserahkan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Padangsidimpuan Hj.Roslina Hasibuan M.Pd, 12 Oktober 2021/Waspada/ist

Penghargaan peringkat Pratama yang diraih Kota Padangsidimpuan sebagai Kota Layak Anak, diserahkan Kadis PPPA Kota Padangsidimpuan Hj Roslina Hasibuan MPd atas nama Menteri PPPA kepada Wali Kata Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution Tanggal 12 Oktober 2021 di Aula Kantor Wali Kota, Jalan Sudirman, Padangsidimpuan.

Peran serta masyarakat dalam membangun Kota Padangsidimpuan juga dapat dilihat pada sektor pertanian. Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian menggalakkan program tanam bawang merah mengingat sebagai wilayah Kota Padangsidimpuan masih lahan pertanian.

Program yang digagas Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution sebagai bagian dari Visi Padangsidimpuan Bersinar berbuah manis meski dalam pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) .

Berdasarkan data yang disampaikan Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution saat panen bawang merah di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Tanggal 26 Juni 2021 bahwa sekira 32% kebutuhan bawah merah sudah dapat dipenuhi.

Capaian keberhasilan petani bawang merah untuk mengurangi pasokan bawang mewah dari daerah lain untuk kebutuhan Padangsidimpuan hingga 32% didasarkan pada data yang dirilis Badan Pusat Statistik, bahwa di Tahun 2020, pasokan bawah merah ke Padangsidimpuan menurun 32%.

Bahkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sebagaimana diungkapkan Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution saat hadiri panen bawang merah di Batunadua, 26 Juni 2021, mengapresiasi Pemko Padangsidimpuan yang telah berhasil membina petani untuk mengembangkan tanaman bawah merah.

Keberhasilan Pemko Padangsidimpuan meraih predikat kota layak anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta keberhasilan membina petani untuk mengembangkan tanaman bawang merah merupakan bukti nyata pentingnya peran serta masyarakat dalam mewujudkan Visi Padangsidimpuan Bersinar. WASPADA/Mohot Lubis.

  • Bagikan