Pengurus DPP OND Akan Segera Dikukuhkan

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI (Waspada): Pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Orahua Nga’oto Daeli (OND) atau perkumpulan keturunan Daeli akan segera dikukuhkan.

Pengukuhan kepengirisan DPP OND rencananya acaranya dilaksanakan di lokasi makam Tuada Daeli di  Tolamaera Desa Onowaembo Idanoi dan makam Tuada Gea di Bawosalo’o, Desa Lewuaoguru, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Ketua Tim Pengukuhan DPP OND, Yunius Larosa kepada wartawan, Sabtu (14/5) mengatakan saat ini tim tengah bekerja untuk mempersiapkan lokasi acara pengukuhan bertempat di makam Tuada Daeli dan Tuada Gea.

“Acara pengukuhan pengurus DPP OND akan kita laksanakan pada hari Senin, tanggal 16 Mei 2022. Acara akan kita mulai dari pukul 09:00 WIB dan kita perkirakan akan selesai pada pukul 15:00 WIB sore,” tutur Yunius.

Yunius mengaku, tim pengukuhan mulai bekerja jauh hari sebelumnya untuk mempersiapkan lokasi acara agar acara pengukuhan DPP OND dapat terlaksana semaksimal mungkin.

“Kita persiapkan jauh-jauh hari. Mengingat lokasi pengukuhan memang agak sulit dijangkau yakni di lokasi makam Tuada Daeli di Tőla Maera. Akses jalan untuk kesana juga kita maksimalkan supaya bisa dijangkau. Intinya, Tim akan bekerja secara maksimal agar acara pengukuhan pada tanggal 16 Mei 2022 mendatang sukses,” ujarnya.

Yunius menyebutkan  jumlah pengurus DPP OND yang akan dikukuhkan 200 orang lebih.

“Perkiraan kita, ada sekitar kurang lebih 500 orang yang akan hadir pada acara pengukuhan tersebut nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP OND, Damili R Gea, SH, M.Si mengatakan bahwa Ormas OND ini telah terbentuk pada 22 Februari 2022 lalu di halaman rumah adat Nias di Jl. Bandara Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli yang dihadiri oleh seluruh Keturunan Daeli sekepulauan Nias.

“Setelah dikukuhkan, para pengurus akan bekerja selama dua tahun untuk mewujudkan program yang telah direncanakan bersama,” ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh pengurus DPP OND yang akan dikukuhkan terdiri dari seluruh keturunan Daeli yang saat ini menggunakan marga Farasi, Gea, Daeli, Larosa, Humendru, Laowo, Maru Lafau dan Hinare.

“Saya mengajak seluruh pengurus DPP OND yang telah dibentuk agar sama-sama menghadiri acara pengukuhan yang dilaksanakan pada 16 Mei 2022 mendatang di Tőlamaera Onowaembo dan Bawősalo’o Lewuoguru Idanoi,” harapnya.(a26/B).

Keterangan foto: Lokasi makam Tuada Daeli di Tolamaera, Desa Onowaembo Idanoi yang alan digunakan tempat acara pengukuhan DPP Orahua Ngaoto Daeli (OND). Waspada/Ist.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *