Waspada
Waspada » Pengunggah Foto Kolase Maruf Amin-Kakek Sugiono Dihukum 
Sumut

Pengunggah Foto Kolase Maruf Amin-Kakek Sugiono Dihukum 

Waspada/Ist Pengunggah foto kolase Ma'ruf Amin-Kakek 'Sugiono', Sulaiman Marpaung saat diamankan dari rumahnya di Kota Tanjungbalai. 

 

TANJUNGBALAI (Waspada) : Kasus unggahan foto kolase KH Maruf Amin dengan Kakek ‘Sugiono’ di FB yang sempat membuat heboh masyakat sudah berakhir, Majelis Hakim PN Tanjungbalai menghukum pelaku, Sulaiman Marpaung, delapan bulan penjara.

Majelis Hakim dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa Sulaiman Marpaung terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana.

“Dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)” sebagaimana dalam dakwaan tunggal.

Hakim lalu menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 8 (delapan) bulan.

Hakim juga menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan dan menetapkan terdakwa tetap ditahan.

Majelis juga menetapkan menetapkan barang bukti berupa KTP atas nama Sulaiman Marpaung, dikembalikan kepada terrdakwa.

Satu bundel screenshots/printout akun Facebook Oliver Leaman S, HP merek VIVO Y83 warna hitam dengan nomor sim card 081260443333, akun facebook atas nama Oliver Leaman SID yang seluruh akun tersebut telah disalin dikopi ke dalam bentuk 1 buah flasdisk merek HP warna silver kapasitas 8GB, dirampas untuk dimusnahkan.

Majelis juga membebankan kepada terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp2.000 (dua ribu rupiah).

Mendengar putusan itu, baik terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum menerima vonis dan tidak mengajukan banding.

Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Salomo Ginting melalui Juru Bicara, Joshua J.E Sumanti, Kamis (4/3) menjelaskan sebelumnya JPU menuntut terdakwa satu tahun penjara.

Persidangan berlangsung terbuka untuk umum melalui media video conference yang diselenggarakan oleh Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Senin (22/2).

“Tuntutan jaksa sebelumnya 1 tahun penjara. Putusan pun sudah diterima baik oleh terdakwa dan Penuntut Umum, jadi sudah berkekuatan hukum tetap,” ujar Joshua.

Sebelumnya, Tim dari Bareskrim Mabes Polri menangkap pemilik akun FB Oliver Leaman S, Sulaiman Marpajn, 37, di rumahnya di Jln Lobe Daud Lingk VI Kel Keramatkubah Kec Seitualang Raso Kota Tanjungbalai Sumatera Utara, Jumat (2/10).

Pelaku ditangkap terkait dugaan penghinaan terhadap Wakil Presiden RI, Maruf Amin yang juga Rais Aam PBNU.

Pemilik akun dalam postingannya pada Jumat (25/9),  menulis “Jangan kau jadikan dirimu seperti ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Diusia senja banyaklah berbenah untuk ketenangan di alam barzakh. Selamat melaksanakan ibadah shalat Jumat”.

Postingan itu dilampiri dengan foto KH Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan bintang film porno Jepang yang di Indonesia sering disebut Kakek ‘Sugiono’.

Postingan itu kemudian menuai polemik hingga akhirnya Ketua Ansor Tanjungbalai, Salman Alhariz Saragih melaporkan SM ke Polres Tanjungbalai. (a22/a21).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2