Waspada
Waspada » Pengawasan TKI Ilegal Pesisir Timur Asahan Posko 24 Jam
Sumut

Pengawasan TKI Ilegal Pesisir Timur Asahan Posko 24 Jam

Kades Silau Baru, Kec Silau Laut, Kab Asahan, Ahmad Sofyan. Waspada/Ist
Kades Silau Baru, Kec Silau Laut, Kab Asahan, Ahmad Sofyan. Waspada/Ist

KISARAN (Waspada): Penanggulangan Covid-19, terutama dalam mengawasi masuknya TKI ilegal di wilayah pesisir timur Kab Asahan, sehingga pengawasan diperketat dengan melakukan posko jaga dibuka selama 24 jam.

Kades Silau Baru, Kec Silau Laut, Kab Asahan, Ahmad Sofyan , saat dihubungi Waspada, Kamis (7/5) mengatakan bahwa pihaknya membuat posko penanganan Covid-19, dengan menitik beratkan pengawasan kepada masyarakat asing yang masuk wilayahnya, terutama pengawasan di wilayah pesisir, dalam memantau masuknya TKI ilegal dari Malaysia.

“Saya tidak mau ambil resiko, bila ada kapal pembawa TKI berlabuh di wilayah kami, tentunya banyak masyarakatnya akan berhubungan fisik, baik itu dari jual beli, hingga pemakaian jasa ojek,” jelas Sofyan.

Menurut Sofyan, para TKI ilegal itu belum ada jaminan bahwa mereka dalam kondisi sehat dan tidak membawa Covid-19, sehingga pihaknya bekerjasama dengan Gugus Tugas Kabupaten, dan Lanal Tanjungbalai-Asahan, untuk mengevakuasi para TKI.

“Saya udah memberikan imbauan kepada masyarakat dan nelayan untuk melakukan pengawasan, bila ada kapal diduga membawa TKI, harap segera dilaporkan, dan jangan beri kesempatan berlabuh tanpa ada pengawasan dari gugus tugas atau Lanal,” jelas Sofyan.

Sedangkan ditanya, apakah ada kapal yang lolos berlabuh di pesisir timur Asahan, Sofyan mengatakan, untuk wilayahnya di Desa Silau Baru bisa dipastikan tidak ada, namun untuk wilayah lain belum bisa dipastikan.

“Oleh sebab itu kita mendirikan posko 24 jam, sehingga bisa mengantisipasi masuknya orang asing, dalam menekan dan memutus mata rantai Covid-19,” jelas Sofyan. (A19/A20)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2