Penanaman Pipa Air Minum PDAM Dikhawatirkan Ganggu Jalan Provinsi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Kepala UPTJJ Tanjungbalai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara Ir. Syahrial Effendi menyesalkan pekerjaan penanaman pipa air minum yang dikerjakan oleh PDAM Tirta Tanjung Kab. Batubara di jalan provinsi di sana.

“Kita sesalkan dan khawatir hal itu mempengaruhi bahkan dapat merusak pekerjaan yang baru saja diselesaikan di sana,” kata Syahrial kepada Waspada di Medan, Sabtu (1/1).

Syahrial juga mengherankan pelaksanaan kegiatan oleh PDAM Tirta Tanjung dilakukan hanya dua hari setelah serah terima atas paket kegiatan peningkatan struktur pada ruas jalan Provinsi Sumut, dengan anggaran sebesar Rp 11,3 miliar yang dananya bersumber dari APBD 2021 dan dikerjakan Penyedia Jasa CV. Rimba Kualuh, dengan nomor kontrak 620/DBMBK/UPTJJ-TB/KPA/1891/2021 tanggal 27 Agustus 2021.

Meski penanaman pipa PDAM dilakukan di bahu jalan, Kepala UPT Syahrial Effendi khawatir hal itu akan mengganggu ketahanan struktur jalan yang menghubungkan Kecamatan Medang Deras di Kabupaten Batubara, dan di Kabupaten Serdang Bedagai tersebut.

“Karenanya kami meminta kepada PDAM TIrta Tanjung untuk menghentikan pekerjaan tersebut,” kata Syahrial.

Permintaan itu sudah dia sampaikan melalui surat tertulis resmi kepada Direktur PDAM Tirta Tanjung Balai, No : 620/DBMBK/UPTJJ-TB/KPA/ 3742 /2021, yang dikirim tanggal 27 Desember 2021.

Dua hari berselang digelar pertemuan dengan para pihak di aula kantor camat Medan Deras, dan dihasilkan eberapa kesimpulan.

Di antaranya, pihak pelaksana pekerjaan pemasangan pipa PDAM Tirta Tanjung membenarkan melakukan penggalian pekerjaan dengan kedalaman 100 cm dan akan dikembalikan pemadatan bahu hjalan seperti semula yang telah selesai dikerjakan UPT Bina Marga Provsu.

Terkait izin, disebutkan pihak pelaksana CV Gapura Alam Perkasa sudah membuat permohonan terhadap ruas jalan kepada dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan di Sumut.

Juga disebutkan janji memperbaiki posisi awal bahu jalan seperti semula sesuai spesifikasi teknis dibubuhi materai. (cpb)

Teks foto

Penanaman pipa air minum yang dikerjakan oleh PDAM Tirta Tanjung Kab. Batubara di jalan provinsi di sana. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.