Waspada
Waspada » Pemprovsu Bisa bangun jembatan Sidua-dua dalam Tahun ini
Sumut

Pemprovsu Bisa bangun jembatan Sidua-dua dalam Tahun ini

Bangun jembatan Sidua-dua
Pembangunan jembatan darurat mengganti jembatan yang amblas terseret arus sungai Sidua-dua di desa Hulim kini sudah bisa dilewati kenderaan roda empat dan truk. (Waspada/Ist)

PALAS (Waspada): Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bisa membangun jembatan Sidua-dua yang ambruk diterjang arus sungai di desa Hulim kecamatan Sosopan kabupaten Padanglawas (Palas) seminggu yang lalu.

Demikian Sutrisno Pangaribuan, anggota DPRD SU periode 2014-2019 kepada Waspada, Rabu (19/2), katanya ia merasa terpanggil melihat kondisi jalinsum wilayah kecamatan Sosopan yang dari tahun ke tahun selalu dilanda bencana longsor, apalagi ketika musim penghujan tiba.

Seperti yang terjadi seminggu yang lalu, hingga membuat Jembatan Sidua- dua Desa Hulim, Kecamatan Sosopan, amblas.

Sejumlah titik longsor juga membuat jalan tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, membuat transportasi putus total.

Menyusul terjadinya bencana itu, dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Pemprovsu bekerjasama dengan Pemkab Palas dibantu masyarakat melakukan penangangan sementara. Bahkan jembatan yang putus telah ditangani dengan membuat jembatan dari batang pohon kelapa.

Melihat kondisi tersebut kata Sutrisno, mengajak Burhanuddin Siregar yang juga anggota DPRD Provsu Periode 2014-2019 dari Fraksi PKS untuk berkunjung ke Dinas BMBK Pemprovsu dan bertemu dengan sekretaris dinas, Ir. Hasudungan Siregar.

Dan diinformasikan, bahwa Pemprovsu menyiapkan dua opsi untuk bangun jembatan Sidua-dua yang baru di desa Hulim itu secepatnya.

Dimana opsi pertama, Gubernur mengalokasikan dana melalui pergeseran anggaran belanja tidak terduga TA. 2020 dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ke Dinas BMBK.

Kemudian opsi kedua melalui Perubahan APBD TA 2020. Kedua opsi tersebut akan menentukan cepatnya bangun jembatan Sidua-dua, kata Sutrisno. (a33/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2