Pemko Tanjungbalai Siapkan GOR Bagi Pengungsi Banjir - Waspada

Pemko Tanjungbalai Siapkan GOR Bagi Pengungsi Banjir

  • Bagikan
Waspada/Ist Petugas mengevakuasi Nek Udin dari lokasi banjir ke daerah yang lebih aman.

 

TANJUNGBALAI (Waspada) : Pemko Tanjungbalai menyiapkan Gedung Serbaguna Gelanggang Olahraga di Jln Jenderal Sudirman untuk tempat penampungan sementara korban terdampak banjir, Sabtu (13/12).

Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial menyatakan keprihatinannya atas situasi warga yang terdampak banjir saat ini, khususnya para lansia, anak anak, maupun balita.

Pemko melakukan upaya bantuan berupa posko siaga banjir mulai dari posko kesehatan, dapur umum, inap, sekretariat, tempat ungsi barang milik warga, serta mobil pengangkutan barang masyarakat.

Pemko katanya akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi banjir ini dengan terus memantau pompa air yang saat ini diminta untuk menyala secara maksimal, salah satunya yang berada di pintu klep sungai Bandar Jaksa.

Pemko Tanjungbalai ujar Syahrial segera menyerahkan bantuan yang saat ini dibutuhkan warga mulai makanan hingga obat obatan.

Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial bersama sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungbalai meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir khususnya di Kecamatan Datukbandar.

Wali kota memantau langsung kondisi rumah warga yang saat ini sudah digenangi air hingga masuk kedalam rumah.

Peninjauan dimulai dari daerah jalan Adam Malik (Pasar Traktor) – Jalan Husni Thamrin – Bundaran Pancakarsa – Simpang Pancakarsa (Jalan Sudirman).

“Kondisi saat ini air cukup tinggi, dan air sudah masuk ke rumah warga, sebagian jalanan sat ini sudah sulit dilintasi kendaraan roda dua bahkan roda empat,” kata Syahrial.

M Syahrial juga memantau langsung evakuasi seorang wanita lansia, Nek Udin, 90, yang sehari-hari tinggal di rumah anaknya di Pasar Traktor, Dusun XV, Desa Sei Dua Hulu, Kab Asahan yang akan dibawa ke rumah keluarganya di Pulo Simardan, Tanjungbalai.

Syahrial mengintruksikan evakuasi secepatnya kepada tim satgas bencana Tanjungbalai, BPBD, Tagana, dan TNI.

“Saya sangat prihatin, segala upaya akan kami lakukan, semoga banjir segera berakhir,” ungkap Syahrial.

Syahrial melanjutkan, banjir di Kecamatan Datukbandar dan Datukbandar Timur salah satunya disebabkan jebolnya tanggul di Desa Sei Dua Hulu beberapa hari yang lalu.

Dirinya mengaku sudah berkordinasi dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, UPT Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR Sumut, dan pihak lainnya untuk segera membantu penanganan banjir di Kota Tanjungbalai.

“Saya berharap kita saling bahu-membahu dalam menanggulangi bencana banjir ini, sama seperti harapan warga terdampak banjir dan saya pribadi yakni ingin air segera surut sehingga dapat tinggal nyaman dan beraktifitas seperti biasanya,” harapnya.

Syahrial meminta seluruh OPD untuk proaktif memantau sekaligus menurunkan satgas dan peralatan bantuan lainnya kepada masyarakat.⁣

Syahrial memastikan keamanan warga dan kebutuhan dasar dalam posisi siap, posko siaga banjir sebagai lokasi pengungsian warga juga harus siap memberikan pelayanan terbaik untuk warga. (A22/A21)

 

  • Bagikan