Waspada
Waspada » Pemko P.Sidimpuan Siapkan Ranperda Alih Fungsi Lahan
Sumut

Pemko P.Sidimpuan Siapkan Ranperda Alih Fungsi Lahan

 

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Dalam rangka mendukung ketahanan pangan serta penataan lingkungan, Pemerintah Kota P.Sidimpuan siapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanian berkelanjutan dan alih fungsi lahan persawahan

“Draft Ranperda tentang pertanian berkelanjutan dan hal-hal yang mengatur alih fungsi lahan persawahan telah disiapkan”, kata Walikota P.Sidimpuan Irsan Efendi Nasution pada panen raya padi di Desa Partihaman Saroha, Kec. P.Sidimpuan Hutaimbaru, Selasa (22/12).

Aturan yang sedang dipersiapkan untuk diajukan Ke DPRD P.Sidimpuan tersebut, ujar Walikota bertujuan untuk membatasi alih fungsi lahan persawahan yang ada diwilayah Kota P.Sidimpuan

“Ranperda tersebut diharapkan mampu mempertahankan areal persawahan dan perkebunan yang tersisa di Kota P.Sidimpuan”, ungkapnya.

Terhadap masyarakat yang memiliki areal pertanian persawahan dan kebun, Irsan berharap agar tetap mempertahankannya atau tidak mengalih fungsikannya jadi pemukiman demi penguatan ketahanan pangan.

Terkait dengan hasil panen raya padi sawah Partihaman Saroha, Walikota mengungkapkan mencapai 9 ton per hektare. “Kalau kali ini kita panen 8 ton/Hektare, panen selanjutnya kita berharap bisa 12 ton per hektare”, harapnya.

Untuk peningkatan produktivitas padi sawah kedepan, Irsan menyarankan agar petani mencoba varietas baru yang lebih unggul serta memampaatkan pengembangan teknologi pertanian.

Pada kesempatan itu, Walikota P.Sidimpuan Irsan Efendi Nasution disaksikan Ketua DPRD P.Sidimpuan Siwan Siswanto dan Kadis Pertanian Ir.Parhimpunan Siregar, Kapolres dan Kajari P.Sidimpuan mencoba mesin pemanen padi (Combine Harvester).(a39).

Ket.Fhoto :

Walikota P.Sidimpuan Irsan Efendi Nasution (kiri) bersama Ketua DPRD P.Sidimpuan Siwan Siswanto (2 kiri) dan pejabat lainnya panen raya padi sawah di Partihaman Soraha, P.Sidimpuan, Selasa (22/12).Waspada/ist.

Walikota P.Sidimpuan Irsan Efendi Nasution saat memotong padi pada panen raya padi sawah di Partihaman Soraha, P.Sidimpuan, Selasa (22/12).Waspada/ist.

P

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2