Pemkab Toba Sosialisasi Dan Bimtek Tahap III Penyusunan Masterplan Smart City

Pemkab Toba Sosialisasi Dan Bimtek Tahap III Penyusunan Masterplan Smart City

  • Bagikan
Bimtek Masterplan Smart City Kabupaten Toba, Kamis (21/10). Waspada/Ramsiana Gultom
Bimtek Masterplan Smart City Kabupaten Toba, Kamis (21/10). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Komunikasi Dan Informasi laksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis tahap III penyusunan masterplan kota cerdas dan quick win program unggulan kabupaten pada kawasan pariwisata prioritas, Kamis (21/10).

Sosialisasi dan bimtek yang dilaksanakan di Auditorium SMA Unggul Del Laguboti dan diikuti pimpinan OPD, perwakilan komunitas dan perwakilan desa ini dibuka Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak.

Kadis Komunikasi dan Informasi Kabupaten Toba, Lalo H Simanjuntak menyampaikan Smart City atau Kota Cerdas merupakan konsep kota atau daerah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan dari pemerintah kepada warga masyarakat.

“Penerapan konsep Smart City adalah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan layanan masyarakat dengan mengintegrasikan beberapa elemen yang ada di Kab/Kota seperti pemerintahan, ekonomi, kualitas hidup, lingkungan, sumber daya manusia, dan transportasi, ” sebutnya.

Pemkab Toba, kata Lalo, telah melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang ditindaklanjuti dengan Bimbingan Teknis Tahap III sebagai lanjutan dari Bimtek Tahap I dan Tahap II yang telah kita laksanakan beberapa waktu yang lalu. Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan adalah langkah awal untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dalam merancang masterplan Smart 60 City ini, bagaimana pelaksanaannya, serta siapa saja yang terlibat sesuai dengan fungsinya.

Penyelenggaraan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tahap III ‘ Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Pada Kawasan Pariwisata Prioritas Tahun 2021 adalah untuk mengetahui progres yang dicapai sesuai dengan hasil penyelenggaraan Tahap I, II dan membahas progres dan penyelerasan Program Draf Masterplan Smart City serta koordinasi implementasi Program Quick Win berupa diskusi dan pemaparan dari masing masing dimensi yang akan dipandu langsung oleh Tenaga ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan tujuan agar data yang dibutuhkan pada Grand Design Smart City di Kabupaten Toba benar-benar Akurat.

Sementara Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak meminta kepada seluruh peserta untuk mengukuti kegiatan ini dengan serius.

Selain melibatkan stakeholder yang sekarang, agar juga melibatkan komunitas – komunitas yang lain yang ada di daerah ini guna menghasilkan yang terbaik dalam menyusun masterplan tersebut.

“Berikan perhatian yang serius dan berikan data- data untuk tim penyusun, ” pungkas Tonny.

Bimtek penyusunan masterplan Smart City Kabupaten Toba diikuti 240 peserta dari berbagai kalangan dan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. (a36)

  • Bagikan