Waspada
Waspada » Pemkab Toba Bentuk Satgas Khusus, Cegah Covid-19
Sumut

Pemkab Toba Bentuk Satgas Khusus, Cegah Covid-19

Sekda Pemkab Toba, Audy Murphy Sitorus kerika dikonfirmasi usai menggelar rapat tertutup pembentukan Satgas Khusus pencegahan virus covid-19, Senin (16/3). Waspada/Ramsiana Gultom
Sekda Pemkab Toba, Audy Murphy Sitorus kerika dikonfirmasi usai menggelar rapat tertutup pembentukan Satgas Khusus pencegahan virus covid-19, Senin (16/3). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Pemkab Toba membentuk Satuan Tugas (Stagas) Khusus guna mencegah penyebaran virus covid-19 di wilayah Toba.

Pembentukan dilakukan untuk merumuskan langkah langkah apa saja yang akan diambil guna mencegah penyebaran virus yang telah ditetapkan pemerintah RI sebagai Bencana Nasional Non Alam.

Rapat yang digelar secara tertutup di ruang kerja Pemkab Toba, Senin (16/3) dipimpin langsung Wakil Bupati Toba Hulman Sitorus, dihadiri Sekda Audy Murphy Sitorus, Kadis Kesehatan Juniwan Hutapea, Kepaka BNPB Pontas Batubara, Kepala Badan Kesbang Jhon Maurids Siagian dan utusan beberapa dinas terkait.

Sekda Toba, Audy Murphy Sitorus ketika dikonfirmasi terkait apa saja yang dibahas dalam rapat tertutup tersebut mengatakan, bahwa Pemda Toba mengambil langkah strategis dengan membentuk Satgas Khusus Covid-19.

Satgas ini akan bekerja hingga batas waktu tidak ditentukan untuk merumuskan langkah langkah yang perlu diambil dalam pencegahan dan penanganan penyebaran virus tersebut.

Secara struktur, ujar Audy, hasil rapat menghunjuk Kepala BNPB dr Pontas Batubara sebagai Ketua Satgas.

“Beliaukan kepala BNPB, sementara secara nasional di Indonesia, pendemi virus Covid-19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional non alam. Jadi lebih tepat beliau yang memimpin Satgas ini,” ujarnya.

Terkait maraknya Kabupaten/Kota yang sudah menerapkan liburan sekolah selama dua minggu, di Kabupaten Toba belum diputuskan kebijakan terkait peliburan sekolah ini.

Pihaknyapun akan melakukan rapat koordinasi lanjutan pada, Kamis (19/3) dengan mengundang seluruh stakeholder, Forkopimda, dan Gubernur Sumut.

“Intinya kita tetap waspada, peliburan sekolah dan tindakan lainnya akan kita bahas lagi nanti. Gubernur juga akan kita undang, sebab sekolah SMA sederajat dibawah wewenang Gubernur, bukan daerah lagi,” imbuhnya.

Menyurati Seluruh Masyarakat

Untuk pencegahan sementara, pihaknya akan menyurati seluruh masyarakat agar terhindar dari penyebaran covid-19. “Kita akan menyampaikan surat edaran kepada warga Toba terkait hal hal apa yang perlu kita lakukan supaya bisa terhindar dari penyebaran virus corona atau covid-19.

Antara lain, tidak panik terkait berita berita Virus corona , mencuci tangan sesering mungkin, hindari kontak fisik secara langsung jarak 1 meter dan menghindari pertemuan pertemuan di tempat keramaian, kecuali yang sangat penting,” pungkasnya. (crg)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2