Waspada
Waspada » Pemkab Tapsel Himbau Hentikan Budaya ‘Marpangir’ Jelang Ramadhan
Sumut

Pemkab Tapsel Himbau Hentikan Budaya ‘Marpangir’ Jelang Ramadhan

 

TAPSEL(Waspada): Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, melalui Sekda Parulian Nasution menghimbau masyarakat muslim di wilayah Tapanuli Selatan untuk menghentikan budaya “marpangir” menjelang bulan Ramadhan.

“Jangan mengotori Bulan Ramadhan dengan budaya yang tidak perlu dilakukan,” ujar Parulian pada Zikir dan Doa bersama Ulama dan Umaro Tapsel dan Padang Lawas Utara yang diinisiasi Polres Tapsel untuk menyambut Ramadhan 1442 H di Masjid Agung Syahrun Nur, Komplek Perkantoran Bupati Tapsel, Sabtu (10/4).

Menurut Sekda, marpangir menjelang bulan Ramadhan bukanlah ajaran maupun kegiatan umat mulim. Sedangkan marpangir tersebut merupakan cara membersihkan diri (mandi) secara tradisi yakni mencampurkan ramuan dan wewangian dengan air yang akan digunakan untuk membersihkan dan menyucikan diri.

Selain itu Sekda juga mengingatkan agar jangan membuka warung atau kedai kopi di siang hari untuk menghargai orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Dia mengajak seluruh elemen warga konsisten untuk tidak membiarkan warung-warung kopi buka saat pelaksanaan puasa.

Kata Sekda, pawai atau Safari Ramadhan tahun ini belum bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Dia berharap dalam melaksanakan ibadah, warga tetap mematuhi dan Menerapkan protokol kesehata.

Sebelumnya, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smarhadana Elhaj mengatakan selain mencari keberkahan, acara dzikir dan doa bersama itu dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi sesama Forkopimda. Dia berharap pelaksanaan ibadah dalam bulan Ramadhan berlangsung aman dan nyaman sehingga semua bisa beribadah dengan khusuk.

Pihaknya meminta dukungan masyarakat agar TNI-Polri dapat melaksanakan pengamanan jalannya bulan Ramadhan dengan baik. Dalam keaempatan itu dia juga menyampaikan salam dari Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Simanjuntak.

Acara Penyambutan Ramadhan itu, dirangkai dengan pemberian santunan kepada 40 anak yatim. Sedangkan dzikir dan doa bersama serta tausiah seputar Ramadhan disampaikan oleh Al Ustadz Sahril Pane.

Sekda Padang Lawas Utara Burhan Harahap turut menyampaikan sambutan dalam acara yang dihadiri para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Kabag, Camat se Tapsel, pimpinan Organisasi Keagamaan, Kemasyarakatan dan Kepemudaan.(a31).

Keterangan gambar:
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smarhadana Elhaj bersama Sekda Parulian Nasution berikan santunan anak yatim pada acara penyambutan Ramadhan di Masjid Agung Syahrun Nur, Komplek Perkantoran Bupati Tapsel. (Waspada/Ist)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2