Pemkab Sergai Fokus Tangani Banjir Sei Rampah

  • Bagikan

SEIRAMPAH (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) melalui lintas Organisasi Perangkat Dinas (OPD) bersama Polres Sergai dan Kodim 0204 Deli Serdang tengah fokus menangani bencana banjir yang terjadi di lima Desa di Kec.Sei Rampah sejak tiga hari terakhir.

Kepala BPBD Sergai Hendry Suharto yang dihubungi Waspada, Rabu (3/11) menuturkan pihaknya hari ini menambah tiga unit tenda pengungsi yang ditempatkan di lokasi bencana, selain itu juga telah menurunkan 4 unit perahu karet, begitu juga telah mendistribusikan bantuan bahan pokok untuk dapur umum.

“Kondisi air terakhir di lima Desa di Kec.Sei Rampah yakni Desa Sei Rampah, Firdaus, Cempedak Lobang, Pematang Ganjang dan Sei Rejo bertambah (meninggi) 30 centimeter hingga 80 centimeter, Pemkab Sergai juga bekerja sama dengan Pihak Polres Sergai, Kodim 0204/DS terus memantau perkembangan banjir yang merupakan bencana alam yang sering terjadi”, terang Hendry Suharto.

Hal senada diutarakan Kepala Dinas Sosial Sergai Arianto, dalam upaya menangani bencana banjir pihaknya telah mendistribusikan tenda pengungsi, sarana air bersih, serta personil Tagana disiagakan di lokasi bencana.

“Sore ini kita tengah menjemput bantuan ke Dinas Sosial Provinsi”, ujar Arianto.

Sementara itu Kasatpol PP Sergai Pajar Simbolon menambahkan hari ini (Rabu), pihaknya mulai memasok air bersih ke korban pengungsi dengan menyiagakan 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar).

“Kita telah menyiagakan posko kesehatan lengkap dengan tenaga medis dan obat-obatan yang secara berkal memeriksa kondisi kesehatan korban banjir di tenda-tenda pengungsi”, jelas dr.Bulan, Kadis Kesehatan Sergai.

Pihak BPBD Sergai tengah memasang tambahan tenda pengungsi di bantaran sungai Bedagai di Dusun III Desa Sei Rampah Kec.Sei Rampah, Rabu (3/11) Waspada/Edi Saputra

Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang mengatakan personil Polres telah siaga di lokasi banjir dan telah membuat posko untuk memantau banjir berikut menurunkan perahu karet serta alat pertolongan korban banjir.

2.200 Rumah Terendam

Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik yang dihubungi Waspada, Rabu sore mengatakan data terakhir banjir di Kec.Sei Rampah merendam 2.200 rumah dan 150 warga mengungsi di tenda posko pengungsi.

” Di lokasi bencana telah didirikan posko bencana dan dapur umum, di Desa Firdaus 2 posko di Desa Sei Rampah 12 posko dan Desa Pematang Ganjang satu posko”, terang Hendra.

Bahan makanan imbuh Camat Sei Rampah, diseluruh dapur umum sudah terpenuhi, pigak Muspika Sei Rampah langsung mendistribusikan bahan pokok bantuan dari Pemkab Sergai, Polres Sergai, PMI Sergai, Banser dan Surya Motor Sei Rampah ke korban banjir, tutupnya.

Husni Daulay,59, korban banjir warga Dusun III Desa Sei Rampah yang ditemui Waspada di posko bencana menuturkan air banjir terus bertambah, saat ini diruang tamu rumahnya sudah terendam banjir setinggi 70 centimeter.

“Malam ini keluarga terpaksa mengungsi, tapi saya tetap bertahan di rumah, kebetulan diruang belakang telah ditinggikan sehingga masih bisa bertaha”, ujar Husni Daulay.(a15/C)

Keterangan Foto: Muspika Sei Rampah saat mendistribusikan bahan pokok ke warga korban banjir di Dusun III Desa Sei Rampah Kec.Sei Rampah, Rabu (3/11) Waspada/Istimewa)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.