Waspada
Waspada » Pemkab Paluta Sosialisasi Disiplin Prokes
Sumut

Pemkab Paluta Sosialisasi Disiplin Prokes

Sosialisasi Perbub Nomor 41 tentang Prokes kepada Warga. (Waspada/Ist)

GUNUNGTUA (Waspada) Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mensosialisasikan Peraturan Bupati Paluta nomor 41 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan kepada warga, Rabu (23/9).

Kegiatan sosialisasi Prokes diikuti tim gabungan terdiri dari Gugus Tugas, TNI, Polri, OPD, Dishub, BPBD, Sapol PP, Dinkes dan Linmas.

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH yang merupakan ketua harian GTPP Covid-19 kabupaten Paluta.

Dalam arahannya, sekdakab Paluta Burhan Harahap SH menyampaikan bahwa seluruh personil dibagi dalam 4 tim yang menyasar ke wilayah Kecamatan Hulu Sihapas, Portibi, Halongonan dan Padang Bolak.

“personil diharapkan dalam mensosialisasikan Perbup nomor 41 tahun 2020 ini lebih mengedepankan pemberian informasi secara detail dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” jelasnya.

Kata Sekda, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat menyadari akan pentingnya protokol kesehatan 4M seperti memakai masker, mencuci tangan maupun menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 sesuai Perbup nomor 41 tahun 2020 dan mengetahui sanksi apabila melakukan pelanggaran.

“kegiatan ini dijadwalkan 10 hati kedepan. Untuk tahap awal kegiatan ini hanya sebatas sosialisasi dan pemberitahuan tentang Perbup nomor 41 tahun 2020 yang difokuskan terhadap adaptasi kebiasaan baru dengan penerapan 4M,” ungkapnya.

Lanjut, setelah itu nantinya kita akan melakukan penindakan tegas bagi yang melanggar sesuai dengan yang sudah diatur dalam Perbup tersebut, tegas Sekda.

Adapun titik lokasi sosialslisasi yakni, sepanjang jalan raya, didepan Mesjid Raya Gunungtua, pasar Aek Godang, Pasar Purba Bangun, sepanjang jalan protokol di wilayah Halongonan dengan menyetop masyarakat pengguna jalan yang tidak memakai masker dan memberikan pengarahan terkait Perbup.

Adapun poin Peraturan Bupati Paluta nomor 41 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, yakni

1. Pembinaan.
2. Teguran
3. Sanksi berupa denda administratif sebesar Rp. 300.000,- (tigaratus ribu rupiah).

Sedangkan kepada pelaku usaha yang bandel dan tanpa mengindahkan pembinaan dan teguran akan dilakukan penutupan usahanya. (a29/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2