Waspada
Waspada » Pemkab Pakpak Bharat Fokus Potensi Lokal
Sumut

Pemkab Pakpak Bharat Fokus Potensi Lokal

Penandatanganan berita acara Musrenbang RKPDKab Pakpak Bharat Tahun 2021, Senin (27/04).(Waspada/Warikam Boangmanalu)

PAKPAKBHARAT(Waspada): “Melanjutkan Pengoptimalan Potensi Ekonomi Lokal Yang Berkualitas dan Berdaya Saing” demikian thema Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kab Pakpak Bharat Tahun 2021, yang diselenggarakan di Balai Sada Arih, Kompleks Perkantoran Bupati Pakpak Bharat, Sindeka Salak,pada Senin (27/04).

Musrenbang ini dihadiri oleh Ketua DPRD yang diwakili waket II DPRD, Mansehat Manik, Kapolres Pakpak Bharat,AKBP Alamsyah P Hasibuan,SIK, perwakilan Kajari Dairi, tokoh masyarakat,para pimpinan OPD, para Camat serta unsur lainnya.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Bappeda Prov.Sumatera Utara, Yoppi Sukmono, ST, lewat video confrence, menekankan agar tetap menjaga sinkronisasi pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,perlunya penyesuaian dari Kabupaten/kota serta pembangunan yang mengacu kepada prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2021 tentunya tidak terlepas dari RPJMD Provinsi Sumatera Utara.

Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution,MA,dalam arahannya meminta Pemkab Pakpak Bharat agar fokus menyampaikan usulan kepada Pemprovsu. Fokus yang dimaksud adalah disesuaikan dengan topographi dataran tinggi Kabupaten Pakpak Bharat terkait pengelolaan dan pengembangan hasil potensi lokal Pakpak Bharat seperti gambir,sereh wangi,kopi,cabai dan potensi lokal lainnya, supaya diusulkan ke Pemprovsu untuk ditampung dalam rangka mendukung roda perekonomian Kabupaten Pakpak Bharat di Tahun 2021.

Pj Bupati Asren Nasution,dalam kesempatan ini juga meminta pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih serius di bidangnya, dalam upaya pencegahan Covid-19 serta menghilangkan ego masing-masing sehingga masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat tidak ada yang terkena virus corona (Covid-19).

Kepala Bappeda Kab.Pakpak Bharat,Jalan Berutu,SPd,MM,mengusulkan jalan Lagan-Pagindar agar bisa dibantu oleh Pemprovsu walau jalan tersebut berstatus jalan kabupaten.

Ka.Bappeda berpendapat walau jalan ini berstatus jalan kabupaten namun Pemprovsu bisa membantu melalui bantuan bawahan.
“Ini jalan menuju provinsi tapi statusnya jalan Kabupaten.Kita berharap Kepada Bapak Gubernur melalui Bappeda Provsu agar membantu melalui bantuan keuangan Provinsi atau APBN Pusat, karena Pemkab Pakpak Bharat kekurangan dana untuk mendukung program pembangunan jalan Lagan-Pagindar tersebut, sehingga jalan Lagan-Pagindar saat ini sangat butuh perbaikan.

Sementara itu, Ketua DPRD Pakpak Bharat melalui wakil ketua II DPRD, Mansehat Manik, mengucapkan terima kasih serta dukungan penuh kepada gugus tugas covid-19 Kabupaten Pakpak Bharat dan posko Covid-19 yang tersebar di seluruh wilayah Pakpak Bharat.

Mansehat Manik,mengatakan bahwa pembangunan di Kab Pakpak Bharat diberbagai sektor berjalan lamban akibat adanya wabah covid-19 yang berimbas pada pembangunan, dimana banyaknya pos anggaran harus dialihkan untuk percepatan penanganan Covid-19.

Lanjut Mansehat, DPRD Kabupaten Pakpak Bharat juga berharap agar kondusifitas tetap terjaga saat pra dan pasca Pilkada di Kab.Pakpak Bharat, sesuai opsi yang dijadwalkan oleh pemerintah.

Sejumlah hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2021 akhirnya disepakati diantaranya beberapa sasaran prioritas pembangunan daerah,rencana dan kegiatan yang disertai indikator,target kinerja dalam kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kab.Pakpak Bharat Tahun 2021 serta kesepakatan lainnya.

Kesepakatan tersebut di lampirkan dalam berita Acara dan ditanda tangani oleh perwakilan peserta Musrenbang RKPD yaitu,Mansehat Manik (DPRD Kab.Pakpak Bharat),Sahat Banurea(Sekda Kab.Pakpak Bharat),dr.Thomas(Dinkes Pakpak Bharat),Maringan Bancin ( Dinas Perkim),Sahat Boangmanalu (kecamatan) serta PT. Padang ( tokoh masyarakat).(cwb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2