Waspada
Waspada » Pemkab DS Kembali WTP, Ketua DPRD Berharap Prestasi Dipertahankan
Sumut

Pemkab DS Kembali WTP, Ketua DPRD Berharap Prestasi Dipertahankan

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri, Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dan lainnya berfoto bersama. (Waspada/Ist).
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri, Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dan lainnya berfoto bersama. (Waspada/Ist).

DELISERDANG (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang (DS) kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP atas LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Penyerahan penghargaan opini WTP dilakukan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan SE,MM kepada Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, di Aula Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (29/5).

Kegitan tersebut dengan disaksikan Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri SH, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein S.Sos Kepala Sub Auditorat Sumut III Syafruddin Lubis SE,Ak, beserta Kepala OPD terkait dan tim audit BPK .

Sebagaimana diketahui bahwa WTP ini merupakan kali kedua Kabupaten Deliserdang mendapatkan predikat baik dalam menjalankan administrasi keuangan daerah oleh BPK Perwakilan Provinsi Simut tersebut.

Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dalam sambutannya mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini, dimana BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksaan atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Dengan berdasarkan kepada kesesuaian penyajian dengan Standar Audit Pemerintahan (SAP), efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kecukupan pengungkapan telah memadai disajikan dalam Catatan atas Laporan Keuangan ( CALK).

WTP Kedua

Berdasarkan empat ketentuan tersebut lanjut Eydu, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang merupakan opini WTP kedua kali berturut-turut untuk Kabupaten Deliserdang sejak Tahun Anggaran 2018.

“Kami mengapresiasi upaya Pemkab Deliserdang didukung oleh DPRD Kabupaten Deliserdang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah,”sebutnya.

“Harapan kami pengelolaan keuangan dapat semakin baik dan akuntabel serta opini laporan keuangan TA 2019 dapat ditingkatkan.

Tidak hanya meningkatkan opini, tetapi lebih penting lagi yaitu mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,”tambahnya.

Sedangkan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut beserta tim yang telah menilai LHP atas LKPD Kabupaten Deliserang TA 2019.

“Kami percaya kepada lembaga ini, karena Pemkab Deliserdang dalam pengerjaan LHP atas LKPD nya terus dituntun dibimbing dan diawasi secara maksimal agar LHP LKPD Kabupaten Deliserdang terus membaik dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang baik,”ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri  mengucapkan terima kasih kepada tim BPK Perwakilan Provinsi Sumut yang telah selesai mengaudit LKPD TA 2019.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang yang telah dapat mempertahankan predikat WTP  atas LKPD Tahun Anggaran 2019, setelah tahun sebelumnya (2018) juga memperoleh WTP,” katanya.

Untuk itu Zakky mengakui DPRD Deliserdang sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Deliserdang sehingga LHP terlaksana dengan baik

“Kami berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan untuk tahun-tahun yang akan datang, terus ditingkatkan dan buat lebih baik lagi. Sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan pencapaian atas kinerja dari Pemerintah Kabupaten Deliserdang,” harap Zakky. (a01/a16).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2