Waspada
Waspada » Pemkab Asahan Sembelih 118 Ekor Qurban
Sumut

Pemkab Asahan Sembelih 118 Ekor Qurban

Waspada/Sapriadi Kepling Link I, Kel Dadimulyo Ngatino, sedang membersihkan daging qurban.

KISARAN (Waspada) : Pemkab Asahan pada Idul Adha 1443 H/2021 M menyembelih 118 ekor hewan, dan saat pembagian menerapkan Prokes sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

118 ekor hewan qurban ini, berasal dari sumbangan dari Bupati,Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan OPD.

“Dagingnya ini akan dibagikan kepada masyarakat untuk Kecamatan Kisaran Barat dan Timur dan kecamatan terdekat,” jelas Kadis Kominfo Kab Asahan Rahmat Hidayat Siregar, saat dihubungi Waspada, Selasa (20/7).

Menurutnya, pelaksanaan qurban ini agar semua masyarakat dari segala lapisan bisa merayakan Idul Adha, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan demi menuju masyarakat yang religius, namun karena saat ini di masa pendemi COVID-19, menerapkan Prokes.

“Untuk pembagian ke masyarakat, ada yang dijemput ditempat yang telah ditentukan, dan ada pula yang diantar, sehingga tidak menimbulkan kerumunan, ” jelas Hidayat.

Penyembelihan hewan qurban, kata Hidayat, merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, di samping itu sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa kedermawanan dan kepedulian sosial serta mempererat tali silaturrahmi satu dengan yang lain. Oleh sebab itu, orang yang berqurban, bukan saja dicinta Allah, namun akan disayangi manusia lainnya karena mau berbagi.

“Semangat berqurban pada hakikatnya, semangat mencintai Allah, Rasul dan berjihad di jalan-Nya. Melalui berqurban kita terapkan nilai pengorbanan untuk berbagi sesama kepada yang membutuhkan,” jelas Hidayat.

Semangat Berqurban

Sedangkan dilain tempat, masyarakat Link I Kel Dadimulyo, Kec Kisaran Barat, secara mandiri dan semangat persatuan dan tolong menolong, menyembelih 9 ekor lembu dan dua kambing.

“Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kita bisa menyembelih 9 ekor lembu dan dua ekor kambing, ” kata Kepling Link I, Kel Dadimulyo Ngatino.

Daging qurban ini, kata Ngatino, akan dibagi kepada masyarakat secara merata, sehingga dapat menumbuhkan semangat berbagi dan saling membantu.

“Kita berharap semua lapisan masyarakat bisa merayakan Idul Adha ini, dan dapat menumbuhkan semangat berbagi dengan berqurban, ” jelas Ngatino. (a19/a20)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2