Waspada
Waspada » Pembangunan Jalur KA Besitang-Langsa Berjalan Lamban
Ekonomi Sumut

Pembangunan Jalur KA Besitang-Langsa Berjalan Lamban

PENIMBUNAN tanah di RW yang terdapat di Kel. Bukitkubu, Kec. Besitang, belum kunjung selesai. Pembangunan Jalur KA Besitang-Langsa Berjalan Lamban. Waspada/Asrirrais
PENIMBUNAN tanah di RW yang terdapat di Kel. Bukitkubu, Kec. Besitang, belum kunjung selesai. Pembangunan Jalur KA Besitang-Langsa Berjalan Lamban. Waspada/Asrirrais

BESITANG (Waspada): Roda pembangunan jalur kereta api jurusan Besitang-Langsa berjalan terseok-seok. Sampai mendekati akhir tahun 2020, penimbunan tanah di RW (retaining wall) sampai kini belum selesai.

Pantauan Waspada di kawasan Kel. Bukitkubu, Kec. Besitang, Rabu (21/10), penimbunan tanah sepanjang kurang lebih 1 Km untuk jalur kereta api belum juga rampung dikerjakan, padahal proyek ini sudah berjalan relatif lama.

Bahkan, di lapangan dalam beberapa bulan terkahir ini sudah tidak kelihatan lagi adanya aktivitas pekerjaan. Sepintas proyek ini terlihat seperti proyek terbengkalai, karena proses penimbunan tanah tidak terus berkelanjutan.

Parahnya lagi, di jalur kawasan Simpanglima, Kel. Pekan Besitang, sepanjang ratusan meter dinding beton RW (tembok penahan tanah) kondisinya miring, bahkan di beberapa titik sudah terancam roboh.

Kondisi bangunan RW yang sudah tinggal menunggu roboh ini sudah berlangsung setahun lebih, namun yang menjadi tanda tanya, hingga kini belum ada terlihat upaya perbaikan total dari kontraktor pelaksana.

Mega proyek pembangunan jalur kereta api menghubungi dua provinsi yang menelan anggaran super besar ini diprediksi tidak akan selesai sampai akhir tahun 2021 mengingat akselerasi pembangunan berjalan lamban.

Selain masalah penimbunan yang belum juga rampung, pembangunan satu unit jembatan di atas permukaan sungai Besitang sepanjang puluhan meter sampai saat ini masih sebatas cor pondasi, sementara rangka baja sama sekali belum terpasang.

Sampai sejauh ini belum diketahui apa faktor yang menyebabkan proses pembangunan jalur KA Besitang-Langsa terkesan berjalan terseok-seok.

Masyarakat berharap pemerintah agar lebih serius mendorong proses percepatan pembangunan jalur transportasi KA yang menghubungi provinsi Sumatera Utara – Aceh ini agar hasil pembangunan dapat dirasakan manfaatnya. (a10)

Teks Foto:

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2