BINJAI (Waspada): Sampai saat ini sebagian pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai masih memanfaatkan air dari tetangga dan air isi ulang untuk kebutuhan sehari-hari.
Anehnya, Direktur PDAM Tirtasari Binjai, Taufiq, Rabu (9/11), mengaku air yang dikelolanya sudah normal. “Air sudah normal, pelanggan mana lagi yang tidak dapat air,” kata Taufiq melalui selulernya.
Tak hanya itu, Taufik menyarankan agar konfirmasi ulang ke Kabag Teknik prihal polemik air bersih yang belum dinikmati 2000 pelanggan dari 13.000 pelanggan yang terdata. “Kalau informasi dari Kabag, silahkan tanya ke Kabag,” cetusnya.
Di samping tak menjelaskan solusi, Taufiq malah menyarankan agar konfirmasi ke pelanggan agar berita lebih berimbang. “Sebaiknya untuk perimbangan berita jangan dari PDAM lagi, saran saya konfirmasi ke pelanggan,” tuturnya.
Disebutkan bahwa konfirmasi ke pelanggan sudah dilakukan dan ditemukan warga di wilayah Timur dan Utara serta penghuni Rusunawa belum tersentuh air bersih, Taufiq kemudian memberikan penjelasan.
“Operasional sudah normal, hanya mungkin saja belum padat pipanya. Sudah betul itu yang disampaikan Kabag Teknik. Kalau biasanya 1 hari ada gangguan, 3 hari baru normal,” ungkapnya.
Di ketahui, warga yang ditemui di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Binjai Selatan, mengaku belum mendapatkan air bersih. Agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka memanfaatkan air isi ulang dan bantuan air bersih dari BPBD Binjai.
Begitu juga pelanggan di Binjai Timur dan Utara, mereka memanfaatkan air isi ulang dan milik tetangga. Para pelanggan berharap, agar PDAM bertindak lebih cepat agar air kembali normal. (a34)