Waspada
Waspada » Pasien Positif Covid-19 Di Simalungun Bertambah 2 Orang
Headlines Sumut

Pasien Positif Covid-19 Di Simalungun Bertambah 2 Orang

Pasien Positif Covid-19 Di Simalungun
Bupati Simalungun, JR Saragih yang juga Ketua GTPP Covid-19, saat memberikan pengarahan terhadap petugas medis di RS Darurat Covid-19 Batu 20 belum lama ini.(Waspada/ist)

SIMALUNGUN (Waspada): Jumlah pasien positif Covid-19 di Kab. Simalungun bertambah 2 orang dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus Covid-19 Batu 20, Kec. Panei.

” Dengan bertambahnya 2 orang, maka jumlah  total warga yang positif Covid-19 di Simalungun menjadi 5 orang, karena sebelumnya ada 3 pasien yang masih menjalani perawatan,” kata Ketua GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Kab. Simalungun, melalui Humas Akmal H Siregar, kepada Waspada, Kamis (14/5) sekira pkl. 19.15 Wib.

Bertambahnya 2 orang pasien positif Covid-19 tersebut diketahui setelah keluarnya hasil  pemeriksaan swab yang dilakukan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, sesuai dengan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang diterima GTPP Covid-19 Simalungun, Kamis (14/5) sore, yang menyatakan 2 orang warga Simalungun bertambah positif Covid-19 hasil swab.

Kedua pasien positif tersebut adalah 1 orang ibu usia 60 tahun, warga Huta Sidodadi, Desa (Nagori) Balimbingan Kec. Tanahjawa, yang sebelumnya positif reaktif rapid test yang telah dirawat pada Rumah Sakit Darurat khusus Covid-19 di Batu 20, Kec. Panei. Pasien 60 tahun ini disebutkan pernah kontak dengan pasien asal Sidodadi sebelumnya yang sudah positif Covid-19 hasil pemeriksaan swab.

Sedangkan seorang lainnya adalah perempuan usia 36 tahun warga yang berdomisili di belakang terminal penumpang Sosor Saba, Kelurahan Parapat, Kec. Girsang Sipanganbolon, sebelumnya sudah diperiksa sample darahnya memakai rapid test bersama 7 warga lainnya dengan hasil reaktif Covid-19.

” Sudah dijemput dari kediamannya untuk dirawat di RS Darurat Covid-19 di Batu 20,” kata Akmal.

Terkait dengan keadaan itu, Akmal mengatakan, besok (Jumat, 15/5), GTPP Covid-19 bersama Dinas Kesehatan Simalungun akan melakukan penanganan ke wilayah seputar terminal Parapat untuk diambil langkah pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan, melakukan rapid test dan melakukan isolasi mandiri terhadap warga setempat.

” Pak bupati JR Saragih berpesan dan mengharapkan masyarakat agar tetap tenang dan menjalankan protokol kesehatan. Berikan doa dan kepercaayaan, pasien positif ini akan ditangani secara maksimal sampai sembuh,” ujar Akmal.(a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2