Waspada
Waspada » Pasca Bom Di Makassar, Polres Samosir Patroli Ke Gereja Dan Mesjid
Sumut

Pasca Bom Di Makassar, Polres Samosir Patroli Ke Gereja Dan Mesjid

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon melakukan patroli ke Masjid Al-Hasanah Pangururan dalam rangkaian menciptakan suasana kondusif pasca teror bom di Makassar. Waspada/Tumpal P Sijabat
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon melakukan patroli ke Masjid Al-Hasanah Pangururan dalam rangkaian menciptakan suasana kondusif pasca teror bom di Makassar. Waspada/Tumpal P Sijabat

SAMOSIR (Waspada) : Polres Samosir mengambil sejumlah upaya terkait antisipasi aksi teror di rumah ibadah, pasca kejadian bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Senin (29/3).

Pola kegiatan yang dilakukan guna mengantisipasi upaya serupa dengan peningkatan kegiatan preemtif dan preventif. Diantaranya, meningkatkan penjagaan dan patroli di gereja, masjid dan tempat ibadah lain di wilayah hukum Polres Samosir.

Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon mengatakan, upaya yang dilakukan yakni menempatkan mobil patroli dan anggota di sekitar gereja-gereja sebagai bagian dari upaya preventif.

Kemudian dibangun mekanisme screening terhadap orang yang akan masuk ke Samosir diperketat dengan melibatkan stakeholder di pelabuhan dan pengecekan kelompok-kelompok luar yang masuk ke Kabupaten Samosir.

“Melaksanakan patroli skala besar dengan melibatkan unsur TNI, Pemda serta komponen bangsa yang lain,” Kata Josua.

Kemudian, lanjut Tampubolon, pihaknya memberdayakan pengaman internal gereja/tempat ibadah melalui kegiatan yang memberikan motivasi dan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Terakhir melaksanakan sambang dan tatap muka kepada pengurus dan jemaat gereja/tempat ibadah untuk memberikan rasa aman. Diimbau kepada masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Pengecekan ini juga dilakukan bersama unsur TNI yang dipimpin Danramil 03/Pangururan, Kapten Inf Donal Panjaitan. (cts)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2