Waspada
Waspada » Pasang Dalam Landa Pesisir Batubara
Sumut

Pasang Dalam Landa Pesisir Batubara

Tampak seorang warga melintasi genangan pasang di Jl Pariwisata Desa Bandar Rahmat, Kec Tanjungtiram, Batubara. Pasang Dalam landa Pesisir Batubara. Waspada/Iwan Has
Tampak seorang warga melintasi genangan pasang di Jl Pariwisata Desa Bandar Rahmat, Kec Tanjungtiram, Batubara. Pasang Dalam landa Pesisir Batubara. Waspada/Iwan Has

TANJUNGTIRAM (Waspada): Pasang dalam landa Pesisir Batubara. Gelombang pasang melanda wilayah pantai Desa Bandar Rahmat Kec Tanjungtiram, Batubara, Jum’at (16/10).

Akibat pasang membuat ruas Jl Pariwisata di sisi pantai Bogak yang menghubungkan Jl Bandeng Desa Mesjid Lama Kec Talawi terendam.

Namun genangan pasang dalam tidak sampai mengganggu aktivitas warga dan pekerja, khususnya angkutan truk yang keluar masuk melintas membawa material keperluan pembangunan penahan gelombang pasang bernilai Rp7,8 M bersumber dari APBD Batubara tahun 2020 yang sedang berjalan di desa nelayan tersebut.

“Ini mungkin karena ditinggikannya ruas jalan menggunakan batu cadas oleh pekerja sebagai upaya kelancaran arus angkut barang material keperluan proyek, sehingga genangan pasang dalam tidak separah seperti sebelumnya tidak dapat dilalui,” ujar Udin, seorang warga ketika melintas jalan yang tergenang gelombang pasang laut.

Selain itu warga juga bisa memanfaatkan jalan sebagai akses keluar masuk desa. Selama ini kondisinya sulit dilalui karena tergerus erosi beserta material batu berserakan.

“Belum lagi di musim pasang jalan, bagai lautan mengancam bahaya bagi yang lewat,” ujarnya.

Warga merasa bersyukur adanya pembangunan proyek penahan gelombang, sebab ruas Jl Pariwisata diperbaiki walau hanya menggunakan batu cadas.

“Ini satu berkah sama kami bisa keluar masuk melalui jalan darat bila bepergian keluar,” tambah warga lainnya dan mengatakan warga selama ini memilih menggunakan sampan tambang  menyeberang ke Pelabuhan Tanjungtiram bila mau keluar, mengingat kondisi jalan darat desa tidak dapat dilalui karena  tergerus erosi dan sasaran pasang. Dan berharap jalan dapat ditingkatkan demi kelancaran roda perekonomian warga setempat.

Pasang juga menggenangi sejumlah kawasan di pesisir Kab Batubara, seperti Bagan Luar Kelurahan Bagan Arya, Bogak, Suka Jaya, Bagan Dalam, dan Pasar Lama Kelurahan Labuhan Ruku.

Pasang tidak saja menggenangi sebagian akses jalan, namun kawasan pemukiman penduduk dan sarana umum lainnya. Tidak berapa lama pasang kembali surut ke laut.

Menurut warga, pasang menggenangi kawasan daratan karena makin tipisnya hutan mangrove (bakau) sebagai salah satu yang menghempang pasang dan erosi, sehingga tidak heran jika terjadi pasang dalam (pasang rob) kerap menjadi sasaran.(a18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2