Waspada
Waspada » Parlin Minta Rumah Adat Harus Dilestarikan 
Sumut

Parlin Minta Rumah Adat Harus Dilestarikan 

Parlindungan Purba di KNIA. Parlin minta rumah adat harus dilestarikan. Waspada/Irianto
Parlindungan Purba di KNIA. Parlin minta rumah adat harus dilestarikan. Waspada/Irianto

DELISERDANG (Waspada): Mantan Anggota DPD RI Parlindungan Purba, SH, MM minta rumah adat sebagai salahsatu kekayaan budaya dan tradisi suatu daerah harus dilestarikan.

Parlindungan Purba menyatakan hal itu kepada Waspada.id, di Kualanamu International Airport (KNIA), Rabu (28/10) siang. Disebutkan Parlin, rumah adat yang beraneka ragam yang ada di Sumatera Utara merupakan bukti sejarah masing-masing daerah.

Contohnya, miniatur Rumah Bolon Purba Simalungun yang kini ada di kedatangan domestik KNIA. Rumah Bolon yang dibangun dengan menggunakan kayu hutan dan tidak memakai paku, namun sampai saat ini masih dapat berdiri kokoh.

Rumah Bolon, selain merupakan istana tempat tinggal raja, masih memiliki sembilan bagian bangunan lainnya yang masih satu kesatuan dengan rumah utama atau istana raja.

“Rumah Bolon ini, salahsatu kekayaan budaya dan tradisi dimiliki Suku Simalungun di Kabupaten Simalungun dan Kota Siantar,” katanya.

Parlin yang menginisiasi maket Rumah Bolon bekerjasama tokoh masyarakat Simalungun dan PT. Angkasa Pura II (Persero) di KNIA ini meminta agar tiap-tiap daerah di Sumut membuat rumah adat.

“Rumah adat yang beraneka ragam di KNIA, bukti betapa besarnya budaya kita yang perlu dilestarikan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini rumah adat di KNIA, selain miniatur Rumah Bolon Purba Simalungun juga Rumah Adat Sultan Serdang. (a13/B)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2