Waspada
Waspada » Pansus DPRD Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Bupati Simalungun TA 2019
Sumut

Pansus DPRD Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Bupati Simalungun TA 2019

Walpiden Tampubolon juru bicara Pansus menyampaikan rekomendasi atas LKPJ Bupati Simalungun TA 2019 pada rapat paripurna DPRD Simalungun di Pamatangraya, Senin (18/5).Waspada
Walpiden Tampubolon juru bicara Pansus menyampaikan rekomendasi atas LKPJ Bupati Simalungun TA 2019 pada rapat paripurna DPRD Simalungun di Pamatangraya, Senin (18/5).Waspada

PAMATANGRAYA (Waspada): Panitia Khusus (Pansus) DPRD Simalungun, menyampaikan sejumlah rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2019 pada rapat paripurna di gedung DPRD Simalungun, Senin (18/5).

Rapat paripurna berjalan tertib aman dan lancar dipimpin Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, dihadiri para anggota dewan, Bupati diwakili Wabup Amran Sinaga dan pimpinan OPD Pemkab Simalungun.

Pansus melalui juru bicaranya, Walpiden Tampubolon, membacakan rekomendasi meliputi, rekomendasi atas kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintah daerah dan penyelenggaraan tugas pembantuan.

Dia menjelaskan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Simalungun Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 191.940.130.095,11. Capaian PAD ini dinilai sudah baik, namun perlu ditingkatkan pada tahun berikutnya, kata Walpiden.

Sisi lain terkait pendapatan retribusi daerah, Pansus menilai perlu peningkatan intensifikasi dan ekstensifikasi potensi pendapatan retribusi daerah dan pengkajian ulang terhadap peraturan daerah tentang retribusi daerah.

Hal ini mengingat hasil retribusi yang dianggarkan Rp 7.344.200.000 hanya terealisasi Rp.  3.863.137.705 atau 52,60 persen.

Untuk peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan diminta agar dilakukan penyesuaian tarif NJOP bumi dan bangunan seiring dengan perkembangan wilayah daerah. Namun pengelolaannya harus memenuhi prinsip perencanaan yang matang, terukur dan berkelanjutan.

Rekomendasi lainnya Pansus lebih menekankan Pemkab Simalungun supaya lebih cermat agar belanja daerah lebih menyentuh kepentingan daerah seperti, peningkatan infrastruktur, kedaulatan pangan, penurunan angka pengangguran dan penurunan angka kemiskinan.

Sementara, Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, mengatakan bahwa rekomendasi Pansus LKPJ akan menjadi masukan sekaligus bahan evaluasi bagi seluruh jajaran Pemkab Simalungun dalam rangka meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Wabup juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah memberikan perhatian, pikiran dan tenaga sehingga pembahasan LKPJ Bupati Sinalungun TA 2019 dapat selesai sesuai jadwal direncanakan.(a27).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2