Pangulu Lega, Pilpanag Serentak Di Simalungun Tak Jadi Ditunda

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Waspada): Sebanyak 248 Pangulu (Kades) di Kab. Simalungun yang masa periodesasinya berakhir 2022 mendatang akhirnya merasa lega karena Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) tidak jadi ditunda sebagaimana keinginan bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga.

Kabar gembira tersebut disampaikan Wakil  Ketua DPRD Simalungun, Sastra Joyo Sirait, saat rapat dengar pendapat sejumlah perwakilan pangulu nagori dengan komisi I DPRD Simalungun, Jumat (26/11/2021).

Rapat tersebut dipimpin Ketua Komisi I, Histoni Sijabat dan Kordinator Komisi I, Sastra Joyo Sirait. ” Bapak-bapak Pangulu sudah bisa merasa lega, Pilpanag untuk 248 nagori tidak jadi ditunda dan anggarannya sudah dialokasikan di APBD 2022,” ujar Sastra, tanpa menyebut berapa besar anggaran yang dialokasikan.

Dalam pertemuan tersebut, Sastra berpesan kepada pangulu nagori, untuk bisa bekerja dengan penuh tanggungjawab dan bisa mempergunakan dana desa semaksimal mungkin. 

Selain itu, politisi Partai Gerindra tersebut juga meminta para pangulu agar lebih maksimal dan dapat meningkatkan PAD dari potensi yang ada di nagori atau pedesaan untuk membantu keuangan Pemkab Simalungun dalam pelaksanaan pembangunan.

Hal yang sama juga dikemukakan, Ketua Komisi I DPRD Simalungun, Histony Sijabat. Dia  mengatakan bahwa Komisi I sejak awal komit memperjuangkan agar pelaksanaan Pilpanag tahun 2022 digelar. Komitmen tersebut ditandai dengan keluarnya rekomendasi dari Komisi I DPRD Simalungun terkait Pilpanag serentak.

Histony mengatakan, bentuk komitmen komisi I dalam mendukung pelaksanaan pilpanag agar digelar tahun 2022 ditunjukkan dengan mengeluarkan rekomendasi dan akhir nya anggaran Pilpanag dialokasikan atau ditampung di APBD 2022. ” Kita berkomitmen memperjuangkan aspirasi Pangulu dan saat ini sudah terwujud ditampung di APBD 2022,” tandas Sijabat.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kab. Simalungun, Frans N Saragih, saat dihubungi melalui saluran telepon, membenarkan bahwa anggaran Pilpanag Tahun 2022 sudah ditampung di APBD 2022. Namun Frans tidak merinci seberapa besar anggaran yang alokasikan untuk biaya pesta demokrasi tingkat nagori itu.

” Sudah ditampung (anggaran Pilpanag), namun untuk rinciannya saya tidak ingat, sekitar Rp.1,4 miliar lebih,” ujar Frans singkat.(a27).. 

Ket.gbr: Rapat pertemuan antara Komisi I DPRD Simalungun dengan perwakilan para pangulu se Kab. Simalungun di ruang komisi I gedung dewan di Pamatangraya, Jumat (26/11).(ist).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *