Waspada
Waspada » Padangsidimpuan Paris Van Java Tapanuli
Sumut

Padangsidimpuan Paris Van Java Tapanuli

KOTA Padangsidimpuan masih diselimuti awan, angin begitu berhembus sepoi-sepoi dari perbukitan, pegunungan di kota Paris Van Java-nya Tapanuli itu. Waspada/Ahmad Cerem Meha
KOTA Padangsidimpuan masih diselimuti awan, angin begitu berhembus sepoi-sepoi dari perbukitan, pegunungan di kota Paris Van Java-nya Tapanuli itu. Waspada/Ahmad Cerem Meha

PAGI itu langit di Kota Padangsidimpuan masih diselimuti awan, angin begitu berhembus sepoi-sepoi dari perbukitan, pegunungan di kota Paris Van Java-nya Tapanuli itu.

Jika anda tiba di kota ini, tentu akan melihat kenderaan unik, yaitu becak vesva tahun 70 an. Pasti anda disapa oleh abang becak (Penarik becak motor vesva), jika berdiri lama-lama di tepian jalan dengan senyum sapa, ditanya hendak kemana?

Bagi pengunjung luar kota yang ingin bertamasya belanja, begitu beragam fashion ada di gerai-gerai Pasar Sangkumpal Bonang, pasar kebanggan warga. Ada juga perbelanjaan modern seperti Plaza Anugerah di pusat Kota Padangsidimpuan.

Fashion itu beragam, mulai dari pakaian anak-anak hingga pakaian dewasa. Harga tentu bersahabat, walau di gerai-gerai plaza itu. Selain fashion, aklirik (hias-hiasan) juga mudah didapati. Beranjak dari wisata belanja, tentu saat malam hari.

Cahaya lampu begitu gemerlap memecah suasana malam di pusat Kota Padangsidimpuan ini. Sekira 100 meter, dari Palaza Anugerah, ada tempat jajanan malam. ” Kota Padangsidimpuan ini bagaikan Paris Van Java,” ujar seorang pengunjung dari Kota Medan, Dayat,18, yang berlibur ke kota ini, Jum’at (10/1).

Lidah pengunjung akan dimanjakan sajian jajanan malam di bawah tenda-tenda biru yang berjejer puluhan meter, tepat di samping bangunan tua pernah dikunjungi Presiden RI Soekarno kala itu, namanya Pajak Batu. Jajanan malam ini buka Pukul 19:00 hingga dini hari.

Tentu ada nasi goreng, sate Padang, bandrek, TST (Teh Susu Telur) berbagai jenis minuman jus. Itulah dia Kota Padangsidimpuan Paris Van Java-nya Tapanuli (bagaikan Kota Bandung) yang menyajikan wisata belanja dan alam begitu sejuk.

Berpapasan dengan Wisatawan lokal dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sarfi Sitorus,38, saat pertama kali dirinya dan kelurga bertandang ke kota ini  menuturkan kepada waspada, baru-baru ini, dirinya senang ke Kota Padangsidimpuan dengan pesona alam yang begitu indah.

“Kota Padangsidimpuan ini udaranya sejuk saat di pagi hari, dikelilingi perbukitan, pusat perbelanjaan ada yang modern dan tradisional. Satu malam saya dan keluarga sempat menginap di sini saat ke luar malam terpaksa pakai jaket,”tuturnya. ( Ahmad Cerem Meha )

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2