Waspada
Waspada » P2SB Desak Pengungkapan Dugaan Korupsi Dana Refocusing Di Sergai
Sumut

P2SB Desak Pengungkapan Dugaan Korupsi Dana Refocusing Di Sergai

Kordinator aksi Mardalis, SH saat menyampaikan orasi di depan gedung Kejari Sergai yang meminta Kajari Sergai dan Kapolres Sergai mengusut dugaan tindak pidana anggaran dana refocusing Covid-19 Kab. Sergai, Jumat (20/11) di Jl. Negara, Sei Rampah. P2SB desak pengungkapan dugaan korupsi dana refocusing di Sergai Waspada/Edi Saputra
Kordinator aksi Mardalis, SH saat menyampaikan orasi di depan gedung Kejari Sergai yang meminta Kajari Sergai dan Kapolres Sergai mengusut dugaan tindak pidana anggaran dana refocusing Covid-19 Kab. Sergai, Jumat (20/11) di Jl. Negara, Sei Rampah. P2SB desak pengungkapan dugaan korupsi dana refocusing di Sergai Waspada/Edi Saputra

SEIRAMPAH (Waspada): Puluhan massa Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Peduli Serdang Bedagai (P2SB) menggelar aksi damai ke gedung DPRD Sergai dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai di Jl. Negara, Sei Rampah, Jumat (20/11).

Dalam aksi damai tersebut massa P2SB dengan Kordinator Aksi Mardalis SH meminta Kejari Sergai dan pihak Polres Sergai mengungkap dugaan kasus tindak pidana korupsi terkait anggaran dana Refocusing Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kab. Sergai, tidak adanya bantuan sosial (Bansos) yang diterima masyarakat melalui anggaran yang dikelola Gugus Tugas Kab. Sergai.

Dalam aksi damai tersebut massa P2SB meminta hasil Pansus II DPRD Kab. Sergai tentang penanganan Covid-19.

Kemudian meminta DPRD Sergai kembali membentuk Pansus tentang penanganan Covid-19 terkait dugaan masih adanya sisa anggaran dana refocusing mengingat sampai saat ini belum adanya anggaran tersebut digunakan untuk Bansos seperti yang dilakukan Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemerintah tingkat Desa sehingga dana refocusing yang dikelola Gugus Tugas Kab. Sergai tidak berpihak kepada rakyat khususnya masyarakat Kab. Sergai.

Selanjutnya meminta kepada Ketua Gugus Tugas selaku penanggung jawab melakukan transparansi secara rinci kepada media dan masyarakat terkait anggaran dana refocusing yang dikelola.

“Meminta kepada pihak hukum yang berwenang, dalam hal ini Kajari Sergai, Kapolres Sergai, KPK RI, BPK RI untuk mengaudit atau mengusut angaran dana refocusing Kab. Sergai sebesar Rp17.710.515.202 karena tidak efektif dan meresahkan masyarakat serta patut diduga mengandung unsur korupsi,” pungkas Mardalis SH.

Selanjutnya massa P2SB diterima Kajari Sergai diwakili Jaksa Fungsional Intelijen Kejari Sergai, Fredy Pasaribu, SH dan memberikan apresiasi kepada massa P2SB yang menggelar aksi damai sebagai bentuk sosial kontrol.

“Kejari Sergai siap untuk mengusut anggaran refocusing Covid-19 Kab. Sergai jika ada data pendukung, pihak kita juga meminta dukungan data terkait dugaan tersebut,” ujar Fredy Pasaribu.

Kemudian pihak P2SB Mardalis menyerahkan berkas pendukung dugaan tindak pidana refocusing penaggulangan Covid-19 Kab. Sergai kepada pihak Kejari Sergai dan Perwakilan Kapolres Sergai.

Sebelumnya, massa P2SB mengelar aksi damai ke gedung DPRD Sergai yang diterima Sekretaris Pansus II DPRD tentang Pembahasan, Pengawasan dan Penanganan Covid-19 Sergai, Taufik Kurrahman, Wakil Ketua Pansus II Robet Butar-Butar dan Anggota Pansus Sarino.

Di hadapan massa P2SB, Taufik Kurrahman akan memerima aspirasi massa P2SB, selanjutnya mewakili Pansus II Taufik Kurrahman menyerahkan hasil pembahasan Pansus II kepada perwakilan massa P2SB.

Aksi damai massa P2SB berlangsung tertib dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan mengenakan masker, aksi tersebut juga mendapat pengawasan dari pihak Polres Sergai. (a15/C)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2