ODP Dan PDP Nihil, Paluta Ditetapkan Zona Hijau - Waspada

ODP Dan PDP Nihil, Paluta Ditetapkan Zona Hijau

  • Bagikan
Padanglawas Utara ditetapkan zona hijau COVID-19. Waspada/Ist
adanglawas Utara ditetapkan zona hijau COVID-19. Waspada/Ist

GUNUNGTUA (Waspada) : Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menetapkan wilayah ini sebagai zona hijau dari virus Corona mulai Selasa (5/5).

“Saat ini Kabupaten Padanglawas Utara tercatat telah nihil orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19,” demikian disampaikan juru bicara tim Gugus Lairar Rusdi Nasution kepada Waspada.

Katanya, saat ini masyarakat Kabupaten Paluta yang berstatus ODP sudah tidak ada lagi. “Satu orang yang sebelumnya masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Padanglawas Utara sudah selesai menjalani karantina dan kondisinya sudah membaik, sehingga kita bisa menetapkan wilayah ini zona hijau,” ungkapnya.

Tambah Lairar, para pelaku perjalanan ke Kabupaten Paluta juga terpantau terus mengalami penurunan.

”Mudah-mudahan kondisi zona hijau terus dapat kita pertahankan,” tegas Lairar sembari menyatakan pihaknya juga terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap warga yang baru pulang dari luar daerah dan masuk ke Paluta serta mendata warga yang mudik dalam rangka pencegahan COVID-19 di perbatasan.

Siapkan Karantina Pemudik Dan Tenaga Medis

Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara dalam pencegahan COVID-19 ini telah menyiapkan karantina bagi pemudik yang tiba di Paluta dan bagi paramedis yang menangani COVID-19.

Kata Lairar, untuk karantina bagi pemudik yang lolos masuk ke Kabupaten Paluta disiapkan karantinanya di SMKN Portibi, Haboran dan karantina bagi paramedis disiapkan di perkantoran Pemkab Paluta di daerah Paranginan.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di perantauan agar menahan diri untuk tidak mudik ke Kabupaten Paluta tahun ini. “Cintailah keluarga kita di kampung, tahan diri tidak mudik tahun ini,” harapnya.

Kepada masyarakat di daerah ini diminta tetap waspada dengan penyebaran COVID-19 ini. “Mari kita laksanakan social distancing yang merupakan instruksi pemerintah. Gunakan masker jika keluar rumah dan hindari keramaian,” harapnya.

Amatan Waspada, dari aplikasi yang diakses, wilayah Kabupaten Paluta sudah terpantau zona hijau COVID-19. (a29/C)

  • Bagikan