Waspada
Waspada » Musrenbang RKPD Padangsidimpuan Tahun 2022
Sumut

Musrenbang RKPD Padangsidimpuan Tahun 2022

4 Indikator Pemulihan Ekonomi Daerah

Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar saat membuka acara Musrenbang RKPD Padangsidimpuan Tahun 2022 di Aula Mega Permata Hotel, Padangsidimpuan, Kamis (1/4).Waspada/Ist
Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Ir. Arwin Siregar saat membuka acara Musrenbang RKPD Padangsidimpuan Tahun 2022 di Aula Mega Permata Hotel, Padangsidimpuan, Kamis (1/4).Waspada/Ist

P. SIDIMPUAN (Waspada) : Pemko Padangsidimpuan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Aula Mega Permata Hotel, Padangsidimpuan, Kamis (1/4).

Musrenbang yang dibuka Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution diwakili Wakil Wali Kota Ir. Arwin Siregar dihadiri Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy C Sihombing dan seluruh SKPD serta pemangku kepentingan.

Kepala Bapelitbang Kota Padangsidimpuan Drs. M. Jusar Nasution mengatakan, Musrenbang tersebut merupakan tindak lanjut dari Musrenbang tingkat kecamatan pada tanggal 16 sampai 18 Februari 2021 serta konsultasi publik RKPD Tahun 2022 tanggal 10 Februari 2021,

Kemudian dilanjutkan dengan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah tangal 23 sampai 26 Maret 2021 dan pokok-pokok pikiran DPRD Padangsidimpouan dengan menggunakan aplikasi SIPD.

Tujuan diselenggarakannya Musrenbang RKPD Padangsidimpuan Tahun 2022, lanjut Jusar Nasution, untuk menampung berbagai masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2022,

Hasil dari Musrenbang itu ungkapnya, akan digunakan sebagai bahan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2022.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Musrenbang ini, ujar Jusar, terdiri dari Sekretaris Bappeda Sumut Yosi Sukmono, ST, Kepala BPS Padangsidimpuan diwakili Rahim Berutu, Kepala Seksi Kehumasan Bank Indonesia Sibolga Hafizh Arino dan Kepala Bapelitbang Padangsidimpuan.

4 Indikator Pemulihan Ekonomi Daerah

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution diwakili Wakil Wali Kota Ir. Arwin Siregar mengatakan, dalam percepatan pemulihan kondisi sosial ekonomi daerah, ada 4 focus atau indikator yang harus dipahami.

Keempat indikator tersebut yakni pemerataan pembangunan dan konektivitas serta penataan kota yang berwawasan lingkungan, pembangunan manusia, peningkatan nilai tambah ekonomi dan tata kelola pemerintahan.

Perencanaan pembangunan yang dirancang, ujar Arwin diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa mendatang.

“Untuk itu diperlukan kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan yang ada di sekitar kita. komitmen tinggi untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan tersebut harus juga sejalan dengan penanganan yang komprehensif dan inovatif, penerapan prinsip berkelanjutan, serta penanganan yang terintegrasi dan tidak parsial”, jelasnya

Proses perencanaan pembangunan merupakan sebuah rangkaian yang tidak terpisahkan dari proses penganggaran. Hubungan antara dokumen perencanaan dengan dokumen penganggaran telah diatur dalam UU No 17 tahun 2004 yang menyebutkan bahwa penyusunan rancangan APBD berpedoman pada RKPD.

Dalam setiap pelaksanaan Musrenbang, ungkapnya, terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi antara pemerintah, para pemangku kepentingan dan non pemerintah, sekaligus untuk mencapai konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Menurut hemat kami pantas dan layak bagi seluruh pemangku kepentingan di Kota Padangsidimpuan memberi perhatian serius dan optimal terhadap rangkaian proses Musrenbang ini”, tuturnya.(a39/a05).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2