Waspada
Waspada » MUI Sumut Dorong Terwujudnya Perpustakaan Mesjid Di P. Sidimpuan
Sumut

MUI Sumut Dorong Terwujudnya Perpustakaan Mesjid Di P. Sidimpuan

Ketua Komisi Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Sumut Prof. DR. Hasan Bakti Nasution (tengah) dan Ketua MUI P.Sidimpuan (kiri) menjelaskan pentingnya perpustakaan mesjid, Tabu (23/9). MUI Sumut dorong terwujudnya perpustakaan mesjid di P. Sidimpuan. Waspada/Mohot Lubis
Ketua Komisi Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Sumut Prof. DR. Hasan Bakti Nasution (tengah) dan Ketua MUI P.Sidimpuan (kiri) menjelaskan pentingnya perpustakaan mesjid, Tabu (23/9). MUI Sumut dorong terwujudnya perpustakaan mesjid di P. Sidimpuan. Waspada/Mohot Lubis

P. SIDIMPUAN (Waspada) : MUI Sumut mengajak dan mendorong Pengurus Mesjid di Kota P. Sidimpuan untuk membuat perpustakaan di lingkungan Mesjid agar masyarakat makin cerdas.

Demikian Ketua Komisi Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Sumut Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, MA pada Workshop Pengelolaan Perpustakaan Masjid di aula Kantor MUI, P. Sidimpuan, Rabu (23/9).

Workshop yang digelar MUI Sumut bekerjasama dengan MUI P. Sidimpuan tersebut juga menghadirkan Dosen UIN Sumut Dr. Mhd. Dalimunthe, M.Hum dan Dra. Hj. Lenni Kharidah dari Dinas Perpustakaan P. Sidimpuan.

Prof. Hasan yang juga guru besar UINSU menjelaskan, perpustakaan memiliki peran dan fungsi seperti sarana untuk belajar, sarana informasi dan media untuk mencerdaskan masyarakat dengan gemar membaca.

Pada zaman era kejayaan Islam seperti di zaman dinasti Umaiyah, Abbasiyah, Usmaniyah dan dinasti Syafawi, ungkapnya eksistensi perpustakaan sangat penting untuk kemajuan umat Islam.

Eksistensi tersebut, paparnya harus dijadikan sebagai cerminan untuk menjadikan mesjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, tapi termasuk sarana pendidikan dengan menghadirkan perpustakaan mesjid.

Dosen UIN Sumut, Dr. Mhd. Dalimunthe menuturkan, perpustakaan mesjid sangat berperan dalam mencerdaskan masyakat, asalkan dikelola dengan baik.”Seperti perpustakaan yang ramah terhadap anak,” katanya.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, keberadaan perpustakaan idealnya dibarengi dengan perpustakaan digital.

Dra. Hj. Lenni Kharidah juga menjelaskan betapa pentingnya perpustakaan untuk mencerdaskan masyarakat, sehingga sangat tepat jika setiap mesjid memiliki perpustakaan.

Pemko P. Sidimpuan melalui Dinas Perpustakaan telah turun ke masyarakat dengan mobil perpustakaan keliling. “Namun saat ini terkendali dengan pandmi COVID-19,” tuturnya.

Ketua DP MUI P.Sidimpuan Ustadz Zulpan Efendi Hasibuan MA menegaskan penguatan keimanan melalui pencerdasan masyarakat sangat dibutuhkan saat ini. “Makanya perpustakaan mesjid sangat dibutuhkan,” jelas Ketua MUI. (a39/B).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2