Waspada
Waspada » MTs YPKS P.Sidimpuan Gunakan Program CBT Untuk PAS
Sumut

MTs YPKS P.Sidimpuan Gunakan Program CBT Untuk PAS

Kepala MTs YPKS P.Sidimpuan Romando Yusrat Pulungan (kanan) bersama Wakasek Bidang Kurikulum Deli Warni dan Wakasek Bidang Kesiswaan Erwin Efendi memantau siswa yang mengikuti Penialian Akhir Semester, Selasa (1/12). Waspada/Mohot Lubis

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Wujudkan sekolah berbasis digital, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) P.Sidimpuan gunakan program Computer Based Test (CBT) untuk Penilaian Akhir Semester (PAS).

“Program CBT tersebut dalam mekanisme kerjanya ditautkan dengan aplikasi e-learning MTs YPKS”, kata Kepala MTs YPKS P.Sidimpuan Romando Yusrat Pulungan SPd didamping Wakil Kepala MTs YPKS Bidang Humas Hasmar Hussein, M.Pd, Selasa (1/12).

Dijelaskan, MTs YPKS sebagai sekolah yang telah dicanangkan berbasis digital merupakan Madrasah pertama menggunakan program CBT di P.Sidimpuan ditengan pandemic COVID-19.

Ujian kahir semester yang sekarang disebut dengan Penilain Akhir Semester yang digelar YPKS dari tanggal 1 sampai 8 Desember 2020, paparnya tidak lagi membutuhkan kertas soal maupun kertas jawaban, tapi sudah berbasis teknologi digital.

Soal dan lembar jawaban yang sudah dipersiapkan dengan desain digital langsung terintegrasi dengan computer hand phone android peserta didik dan bisa dibuka masing masing siswa peserta PAS sesuai dengan waktu yang ditentukan pihak sekolah.

Kelebihan dari program CBT ini, ujar Kasek MTs YPKS, transparansi penilaian kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal setiap bidang study atau mata pelajaran.”Begitu siswa selesai mengerjakan soal satu bidang study, langsung muncul nilainya”, jelas Romando.

Mengingat saat ini dalam pandemic COVID-19, ungkapnya, pelaksanaan PAS dilakukan secara bertahap atau per sesi.”Agar siswa lebih jujur dalam menjawab soal PAS dari setiap bidang study, maka dilakukan disekolah”, tuturnya.

Untuk mengantisipasi ketidakpahaman siswa dalam menggunakan program CBT, MTs YPKS sebelumnya telah melakukan simulasi penggunaan aplikasi tersebut yang diikuti siswa kelas VII sampai kelas IX.

Wakil Kepala MTs YPKS Bidang Humas Hasmar Hussein menambahkan, bagi yang ingin melihat konsep pendidikan pembelajaran jarak jauh dilakukan MTS YPKS dapat dilihat mellaui video melalui chanel youtube YPKS P.Sidimpuan.(a39).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2