Mensos Ajak Masyarakat Siosar Berwirausaha

  • Bagikan

TANAH KARO(Waspada): Mentri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi daerah relokasi pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung Desa. Siosar, Kecamatan Tigapanah, Jumat (19/11).

Dalam kunjungan kerjanya, Kementrian Sosial juga memberikan bantuan sebesar Rp.353.113.849 kepada pemerintah Kabupaten Karo.


Mensos yang akrab dipanggil ibu Risma ini juga mengajak masyarakat untuk membangun usahanya masing-masing ketimbang hanya mengandalkan bantuan pemerintah.

Walau begitu, tak lupa ia juga menyempatkan menyerahkan bantuan langsung kepada warga Siosar berupa sembako, perlengkapan medis rumah dan beberapa jenis mainan untuk anak-anak Siosar.

Dihadapan warga pengungsi, Risma menceritakan tentang bagaimana kesuksesannya dahulu membangun Kota Surabaya, dan memotivasi warga agar tidak hanya pasrah dan berharap kepada orang lain.

“Dulu itu di Surabaya tidak ada namanya Markisah tumbuh, tidak ada yang menanam Selada, tapi sekarang warga Surabaya sudah mandiri dan mampu menghasilkan omzet ratusan juta dari tumbuhan tersebut,” ucapnya sambil memotivasi warga.

Ia juga berharap agar masyarakat mampu memanfaatkan suburnya tanah di daerah Siosar, berkaca dari penglamannya mengunjungi pelosok Papua yang dahulunya harga telur sangat mahal, namun setelah kunjungan Mentri Sosial yang memberikan pelatihan dan bantuan, masyarakat mampu memproduksi telur di daerahnya sendiri sehingga harga telur menjadi normal dan dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar.

“Saya masih ingat saya ke pelosok Papua, kemudian Kementrian Sosial membina masyarakat untuk beternak dan memproduksi telur ayam, sekarang masyarakatnya bisa menikmati hasil jerih payahnya sendiri,” katanya.

Selain itu, ia juga berjanji akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mau berwirausaha, adapun bantuan yang dapat diberikan yakni peralatan dan dana untuk permodalan melalui Kementrian Sosial.

Kunjungan Mensos ke rumah korban Gunung Api Sinabung di Desa. Siosar, juga di sambut sejumlah Forkopimda Karo. (c02).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *