Waspada
Waspada » Direktur RSUD Porsea Imbau Warga Gunakan Jampersal
Sumut

Direktur RSUD Porsea Imbau Warga Gunakan Jampersal

Direktur Rumah Sakit Umum Porsea, dr. Tommy Siahaan. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): Guna menekan angka kematian ibu hamil dalam proses persalinan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, dr. Tommy Siahaan meminta warga untuk tidak ragu mengikuti program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang telah disiapkan pemerintah. Hal ini dinyatakan Tommy saat konfirmasi Waspada di Kantor Bupati Toba, Selasa (16/3).

Selama ini, kata Tommy, masih banyak warga kurang mampu yang belum tercover sebagai penerima BPJS dan tidak tau persyaratan untuk mendapatkan layanan Jampersal.

“Padahal cukup sederhana, persyaratannya warga cukup datang bawa foto copy KTP, KK dan bukan peserta BPJS mandiri,” ujar Tommy.

Dikatakannya, selain bersalin ke RSUD Porsea, warga juga bisa mendapatkan layanan Jampersal di Rumah Sakit Swasta seperti Rumah Sakit HKBP Balige.

“Program tersebut tidak hanya di rumah sakit milik pemerintah tapi berlaku juga di rumah sakit swasta. Nanti kita dari pihak Rumah Sakit tinggal klaim biaya persalinannya ke Dinas Kesehatan Toba,” imbuhnya.

Program Jampersal sendiri merupakan program pemerintah untuk menekan  angka kematian ibu.
Secara teknik preventif dan promotif, program Jampersal ditangani dinas kesehatan,
sementara pihak rumah sakit hanya mengobati pengguna layanan tersebut.

“Sekali lagi saya imbau jangan ragu bersalin ke rumah sakit, sebab pemerintah telah menyiapkan layanan tersebut untuk dinikmati masyarakat Indonesia,” pungkas Tommy. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2