Mekanisme Dan Jadwal Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap II Berubah - Waspada

Mekanisme Dan Jadwal Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap II Berubah

  • Bagikan

            PEMATANGSIANTAR (Waspada): Mekanisme dan jadwal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun 2021 mengalami perubahan akibat molornya pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahap I, karena pengumuman yang semula dijadwalkan pada Jumat 24 September 2021, mengalami penundaan menjadi 8 Oktober 2021.

            “Kemendikbudristek telah melakukan penyesuaian jadwal terbaru terhadap pelaksanaan PPPK guru tahun 2021. Hal itu tertuang dalam pengumuman No. 5663/B/GT.01.00/2021 tentang penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi guru ASN PPPK tahun 2021,” sebut Plt Kadis Pendidikan Pemko Pematangsiantar Rosmaya melalui Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Supriadi yang dihubungi, Rabu (20/10).

Menurut Supriadi, hari ini (Rabu, 21/10) merupakan pengumuman hasil sanggahan peserta seleksi PPPK guru tahap pertama I. “Bagi peserta yang tidak lulus seleksi PPPK guru tahap I masih bisa mengikuti seleksi PPPK guru tahap II dan III. Bagi peserta PPPK guru yang tidak lolos seleksi tahap I dipersilahkan memilih kembali formasi dalam instansi dengan kewenangan yang sama.”

“Namun, untuk seleksi kompetensi PPPK guru tahap II dapat diikuti peserta dari sejumlah golongan dan bukan hanya diikuti guru tidak tetap (GTT) atau guru honorer yang belum lolos pada tahap I. Tapi, termasuk guru dari sekolah swasta dan masyarakat umum yang mempunyai sertifikat pendidikan, diperbolehkan mendaftar,” jelas Supriadi.

Menurut Supriadi, GTT sebetulnya diberikan porsi istimewa dan pada tahap kemarin, dikhususkan untuk GTT saja. “Namun, tahap II tidak sendiri lagi, tapi bisa juga guru dari sekolah swasta.”

“Peserta tahap I, tetap harus melakukan pendaftaran seperti tahap sebelumnya dan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id. Hal itu dilakukan sebagai bukti, yang bersangkutan merupakan peserta seleksi tahap II,” tegas Supriadi.

Mengenai guru honorer yang lolos passing grade, tapi tidak mendapatkan formasi, menurut Supriadi, ada beberapa guru cukup besar angkanya yang lolos passing grade, tapi saat ini belum bisa dapat formasinya. “Itu yang akan dipandu dan didukung nantinya, untuk memastikan, mereka mendapatkan kesempatan terbaik untuk mendapatkan formasi yang ada.”

Menurut Supriadi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, untuk membantu para guru honorer, agar mereka memperoleh posisi melalui optimalisasi formasi di tahap II dan tahap III.

“Selain itu, dari tahap I, II dan III, nantinya akan diadakan perengkingan bagi peserta yang lolos passing grade, yang tidak dapat mengisi formasi di tahap I itu dan jika masih ada sisa formasi, akan menjadi jatah mereka,” sebut Supriadi.

Supriadi menyebutkan, jadwal seleksi PPPK guru tahap II selengkapnya berdasarkan surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan No. 5663/B/GT.01.00/2021 yakni pengumuman dan pemilihan formasi pada 24-30 Oktober 2021, pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi pada 4 November 2021, cetak kartu peserta pada 4-7 November 2021.

Kemudian, pelaksanaan seleksi kompetensi pada 8-12 November 2021, pengumuman hasil seleksi kompetensi pada 18 November 2021, masa sanggah pada 19-21 November 2021, menjawab masa sanggah pada 21-27 November 2021 dan pengumuman pasca masa sanggah pada 28 November 2021.(a28/C).

Keterangan foto:

Mekanisme dan jadwal seleksi CASN PPPK guru tahun 2021 mengalami perubahan akibat molornya pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahap I, sebut Plt Kadis Pendidikan Pemko Pematangsiantar melalui Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Supriadi yang dihubungi, Rabu (20/10).(Waspada-Edoard Sinaga).

  • Bagikan