Waspada
Waspada » Masker Jadi Tameng Pelindung Diri Bahaya Covid-19 Dan Polusi Udara
Sumut

Masker Jadi Tameng Pelindung Diri Bahaya Covid-19 Dan Polusi Udara

Perwira Pengawas (Pawas) Operasi Yustisi Gabungan Kota Padangsidimpuan IPDA Sakti Harahap saat menyampaikan pemahaman kepada pelanggar Prokes di Padangsidimpuan. Masker jadi tameng pelindung diri bahaya Covid-19 dan polusi udara. Waspada/Syarif Ali Usman
Perwira Pengawas (Pawas) Operasi Yustisi Gabungan Kota Padangsidimpuan IPDA Sakti Harahap saat menyampaikan pemahaman kepada pelanggar Prokes di Padangsidimpuan. Masker jadi tameng pelindung diri bahaya Covid-19 dan polusi udara. Waspada/Syarif Ali Usman

P. SIDIMPUAN (Waspada): Perwira Pengawas (Pawas) Operasi Yustisi Gabungan Kota Padangsidimpuan Ipda Sakti Harahap mengatakan, pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah sangat baik diterapkan, karena pada masa Pandemi Covid-19, masker dapat dijadikan sebagai tameng pelindung diri dari bahaya sebaran Covid-19 dan bebas dari polusi udara.

“Dengan memakai masker dan menjaga jarak akan terhindar dari bahaya sebaran Covid-19 dan polusi udara,” ujar Ipda Sakti Harahap saat memberikan peringatan kepada pelanggar protokol kesehatan (Prokes) yang terjaring dalam Operasi Yustisi gabungan di Kota Padangsidimpuan, Selasa (3/11).

Dikatakannya, pemahaman yang utuh akan gaya hidup sehat akan melahirkan perilaku positif dalam pencegahan virus Corona. Sedangkan Pencegahan dapat dilakukan dari diri sendiri, dengan menjaga kebersihan tubuh untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan.

Kemudian tidak keluar rumah bila tidak terlalu dibutuhkan atau ada hal yang sangat penting untuk dilakukan karena kemungkinan di sekitar kita ada orang yang telah terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Dalam operasi yang diikuti BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan TNI yang berlangsung di depan Pos Lantas Kota Jalan Sudirman Padangsidimpuan itu, terjaring 52 pelanggar Prokes. 40 orang diantaranya mendapat teguran jaga jarak dan 12 orang lagi teguran dan pamakaian masker.

Kepada Wartawan, Ipda Sakti Harahap mengatakan Operasi Yustisi tersebut dilaksanakan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan juga sebagai tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Wali Kota Padangsidimpuan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dengan komitmen memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19.

Menurut Sakti, dari Operasi Yustisi yang terus dilakukan terlihat ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, meskipun harus diakui masih ada saja warga yang hanya memakai masker saat melewati operasi yang dilaksanakan.

“Ini memang harapan kita dari Polres Padangsidimpuam, sebagaimana arahan Kapolres dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan prokes, menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” ujarnya.(a31).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2