Masjid Al Ikhlas Desa Sugi Marancar Segera Direnovasi

  • Bagikan

TAPSEL (Waspada): Renovasi Masjid Al Ikhlas Desa Sugi Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid 19, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan dengan anggaran yang sudah ditetapkan Pemkab Tapsel.

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengungkapkan hal itu pada acara silaturahmi Ramadhan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan yang berlangsung di Masjid Al Ikhlas, Desa Sugi, Kecamatan Marancar, Sabtu (16/4).

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat menyampaikan sambutan dalam silaturrahmi yang berlangsung di Masjid Al Ikhlas Desa Sugi Kecamatan Marancar.(Waspada/Ist)

Dikatakan Bupati, sekira dua tahun lalu, dia pernah ia pernah salat di Masjid Al Ikhlas Desa Sugi tersebut dan saat itu beberapa bagian bangunan Masjid sudah sangat membutuhkan perbaikan atau renovasi.

Melalui program dari DPR RI yang bekerja sama dengan CSR BUMN perbaikan masjid tersebut akan dilaksanakan. Namun sebelum renovasi masjid dilaksanakan muncul Covid 19 dan dinyatakan sebagai pandemi, sehingga perbaikan atau renovasi masjid tersebut gagal total dan anggarannya dialihkan (refocusing) ke program lain.

Kata Bupati, akibat pandemi, banyak agenda ataupun program pemerintah yang harus digeser ke hal-hal prioritas mendesak lainnya, dan tentunya hal tersebut cukup menghambat laju pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya.

Tapi meskipun begitu, ujar Bupati, apa yang pernah dia ucapkan dan sudah menjadi niatnya, sehingga ketika ada kesempatan, program perbaikan Masjid Al Ikhlas Desa Sugi tersebut segera di anggaran dan Insya Allah melalui Bagian Kesra sudah menetapkannya.

“Diharapkan Badan Kenaziran Masjid bisa segera mengurus program renovasinya, Paling tidak, kita harapkan Idul Fitri 1443 Hijriah nanti, Masjid Al Ikhlas sudah menunjukkan perubahan,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan telah membawa “Oleh-oleh” bagi masyarakat Desa Sugi. Di mana, oleh- oleh tersebut diperoleh dari pemerintah pusat, yakni Pemkab Tapsel mendapat bantuan bibit cabai merah dari APBN.

Kemudian, benih padi, lebih kurang untuk lahan seluas 40 hektare. Selain itu, ada juga bantuan untuk jalan pertanian di Dusun Sugi Jae, senilai lebih kurang Rp190 juta dan mudah-mudahan akan ada bantuan untuk irigasi di Saba Kobun, Kecamatan Marancar.

Kakan Kemenag Tapsel, Ihwan Nasution, yang turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, musim haji 2022, jamaah haji Indonesia sudah bisa berangkat ke tanah suci dengan jatah kuota pemberangkatan sebanyak satu juta jamaah, dengan pengecualian bagi jamaah haji yang berusia 65 tahun ke atas, terpaksa ditunda.

Dalam acara itu, Bupati menyerahkan zakat dari Baznas Tapsel kepada 20 orang,masing uang tunai sebesar Rp300 ribu. Kemudian, zakat dari UPZ Marancar kepada 20 orang, masing masing Rp250 ribu. Selanjutnya, penyerahan zakat produktif kepada 3 UMKM masing-masing uang tunai sebesar Rp2 juta.

Selain itu, bantuan sembako kepada 5 orang Mustahik dan penyerahan 5 buah Al Quran untuk Masjid Al Ikhlas dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Wilayah Tabagsel. Dan terakhir, penyerahan bantuan kepada Masjid Al Ikhlas, yakni uang tunai dari Pemkab Tapsel.

Turut hadir Kabag Kesra, Camat Marancar, Danramil, Ketua MUI Tapsel dan Pengurus, Ketua BSPP-SU Tapsel, Baznas Tapsel dan Pimpinan Organisasi Keagamaan lainnya serta seluruh jamaah. (a31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.