Mangkir Lebih 46 Hari Tak Masuk Kerja , Bupati Tobasa Pecat 9 ASN - Waspada

Mangkir Lebih 46 Hari Tak Masuk Kerja , Bupati Tobasa Pecat 9 ASN

  • Bagikan
Sekda Tobasa Audy Murphy Sitorus ketika dikonfirmasi terkait pemecatan 9 orang ASN di jajaran pemkab Tobasa. Ramsiana Gultom/Waspada
Sekda Tobasa Audy Murphy Sitorus ketika dikonfirmasi terkait pemecatan 9 orang ASN di jajaran pemkab Tobasa. Ramsiana Gultom/Waspada

TOBASA (Waspada) : Bupati Tobasa Darwin Siagian melakukan pemecatan terhadap 9 orang ASN di jajaran Pemkab Tobasa. Pemecatan ini sah setelah Darwin menandatangani surat pemecatan kesembilan ASN akibat mangkir tak masuk setelah diakumulasi selama lebih 46 hari kerja selama tahun 2019 tanpa keterangan.

Penandatangan SK pemecatan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2019 lalu. Kabar pemecatan ini mulai santer dibicarakan warga Tobasa, setelah salah seorang nama ASN yang dipecat adalah Bakal Calon Wakil Bupati Tobasa yang berprofesi sebagai seorang Dokter di Puskesmas Borbor Kabupaten Tobasa berinisial TM.

Berita pememecatan ini diakui oleh kadis kesehatan Tobasa, dr. Juliwan Hutapea ketika dikonfirmasi wartawan pada saat menghadiri acara syukuran Tahun Baru di halaman Rumah Dinas Bupati, Kamis, (9/1). “Memang ada sembilan orang ASN yang dipecat. Pemecatan itu terkait dengan ketidakhadirannya yang dihitung akumulatif tidak hanya lebih dari 46 hari melainkan lebih dari 100 hari selama tahun 2019,” terang beliau.

TM merupakan salah satu Bakal calon Bupati Tobasa yang berdampingan dengan Simson Panjaitan, kini harus kehilangan gaji dan tunjangan dari pemerintah sejak surat tersebut ditandatangani oleh Bupati.

Turut membenarkan pemecatan 9 ASN tersebut, Sekda Tobasa Audy Murphy Sitorus ketika dikonfirmasi Waspada di lokasi yang sama. Berdasarkan keterangan Audy, kesembilan ASN yang dipecat tersebut berdasarkan dasar hukum PP 53 tahun 2010.

“Karena ke sembilan ASN tersebut tidak hadir lebih dari 46 hari dalam satu tahun yakni tahun 2019 tanpa keterangan. Pemecatan tersebut Berdasarkan PP 53 tahun 2010 pasal 10 poin 9 huruf d,” terang Audy. (crg)

  • Bagikan