Longsor Timbun Badan Jalan di Sibolga

  • Bagikan

SIBOLGA (Waspada) : Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Sibolga, sebuah perbukitan mengalami longsor hingga menimbun badan jalan penghubung Sibolga-Barus tepatnya di jalan Oswal Siahaan, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan  Sibolga utara. 

Kasatpol PP Sibolga, Faisal Fahmi Lubis mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB sore, dimana saat itu kota Sibolga diguyur hujan deras hingga mengakibatkan pohon tumbang dan disusul longsoran tanah dan batu-batu besar dari perbukitan, hingga menenutupi badan jalan.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan semua pihak terkait agar mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan. Termasuk menurunkan alat berat,” katanya, Sabtu (30/10). 

Akibat peristiwa longsor ini, arus lalu lintas dari dua arah sempat  mengalami kemacetan, namun berangsur normal setelah pihak kepolisian melakukan buka tutup jalan dan mengalihkan sebagian kendaraan dari jalur Rampa-Poriaha. 
 
“Saat ini, arus lalu lintas dari dua arah telah berangsur normal, setelah alat berat diturunkan untuk membersihkan material longsor berupa bebatuan besar yang menutupi badan jalan,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja kepada wartawan usai meninjau lokasi longsor, Sabtu (30/10). 

Dia menjelaskan, pihak PLN Sibolga juga telah memperbaiki satu unit tiang dan jaringan listrik yang mengalami kerusakan akibat bencana longsor.

“Kita telah berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan stakeholder terkait yaitu jajaran Pemko Sibolga dan Kodim 0211/TT. Setelah peninjauan ini, kita akan membahas tindak lanjut penanganan pasca bencana di sekitar lokasi bencana longsor,” katanya.

Polres Sibolga sebut Kapolres, telah menggerakkan seluruh sumber daya yang ada. Sat lantas dan Sat Sabhara terjun melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem rekayasa dan menyesuaikan kondisi di lokasi bencana.

“Dinas Sosial, BPBD dan Disperindag Sibolga juga sudah mendirikan 6 unit tenda dilengkapi sarana MCK untuk masyarakat setempat yang terdampak bencana alam,” kata AKBP Taryono. 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai puluhan juta Rupiah. (c03)

Ket Foto : Akibat hujan deras sebuah perbukitan di Kota Sibolga mengalami longsor hingga menutupi badan jalan. (Waspada/Ist). 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *