Lokakarya: Wartawan Harian Waspada Diminta Berjuang Berikan Layanan Informasi Terbaik - Waspada

Lokakarya: Wartawan Harian Waspada Diminta Berjuang Berikan Layanan Informasi Terbaik

  • Bagikan
PEMRED Harian Waspada H. Prabudi Said menyampaikan kepada wartawan untuk berjuang terus berikan layanan informasi yang terbaik, di kegiatan lokakarya/pendidikan khusus wartawan Harian Waspada Daerah Sumut. (Waspada/Edward Limbong).

MEDAN (Waspada): Pada saat lokakarya/pendidikan Wartawan Harian Waspada Sumatera Utara (Sumut), para wartawan diminta untuk berjuang terus berikan layanan informasi terbaik kepada masyarakat, khususnya di Sumut.

Demikian hal itu terungkap dalam lokakarya/pendidikan khusus wartawan Harian Waspada Daerah Sumut dalam rangka HUT Waspada ke 73 tahun, di Garuda Plaza Hotel (GPH), Sabtu (11/1).

Kegiatan yang berlangsung tiga hari dari Sabtu (11/1) hingga Senin (13/1), secara resmi dibuka Pimpinan Redaksi (Pemred) Harian Waspada H. Prabudi Said.

Pada hari pertama dan untuk sesi pertama membahas perkembangan Waspada.id dan membuat berita viral di google yang disampaikan oleh Redaktur Pelaksana Berita (Redpel) Harian Waspada Edward Thahir dan bagian ITE Aldion. Kemudian sesi kedua menulis Features dan Indepth Reporting (Dedi Sahputra).

“Saya mengucapkan selamat datang kepada semuanya. Saya lihat hampir semua wajah-wajah lama, yang tetap semangat dan tetap setia mengabdikan dirinya menjalankan profesi kewartawanan dalam menyebarluaskan informasi bermanfaat kepada masyarakat melalui Harian Waspada yang sama-sama kita cintai,” kata Pemred Harian Waspada H. Prabudi Said.

Dalam kesempatan itu, Prabudi mengajak wartawanan Waspada khususnya Sumut berjuang terus berikan layanan informasi terbaik kepada pembaca.

“Untuk itu pimpinan Waspada mengapresiasi saudara-saudara. Kita berjuang terus memberikan layanan informasi terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Prabudi menyampaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0 Harian Waspada masih tetap eksis.

“Sama-sama kita ketahui saat ini kita berada pada era industri 4.0, syukur Alhamdulillah Harian Waspada adalah koran yang masih tetap bertahan hingga saat ini kita masih dapat melayani pembaca melalui koran kita setiap hari,” ungkapnya.

Melihat kondisi tersebut, ia juga menyampaikan kepada wartawan harus berubah dalam membuat pemberitaan sebagai upaya dalam kemajuan industri 4.0.

“Upaya yang esensi untuk media cetak harus mengurangi berita straight news, karena itu sudah ketinggalan dengan media online. Kita berusaha menyajikan berita berita feature, indepth news bahkan investigatif reporting. Untuk tujuan laporan terbaik kita,” katanya..

“(Untuk berita feature, indepth news) kami telah menjadwalkan sesi saudara Dedi Syaputra. Demikian juga, untuk versi online dipandu oleh saudara Redpel (dan ITE),” tambah Prabudi.

Redaktur Sumut Harian Waspada, David Swayana menyampaikan kegiatan seperti ini sudah diadakan sebanyak 5 kali.

“Pertama di Medan, kemudian di Kisaran, Berastagi, Deliserdang dan kembali lagi di Medan,” katanya.

Dijelaskannya, tema kali ini adalah kami bersaudara dan kami tetap Waspada. “Jadi kami bersaudara itu merupakan bahwa kegiatan ini adalah persaudaraan. Kemudian kami tetap Waspada, jadi di tengah persaudaraan ini kami di naungan Waspada, sehingga segala sesuatu kita membawa nama Waspada,” jelasnya.

David juga menyebutkan, untuk kali ini kegiatan Wartawan Waspada adalah menambah ilmu pengetahuan khususnya bidang jurnalistik dan ITE.

Sendangkan salah seorang peserta dari Simalungun Hasuna Damanik menyebutkan kegiatan seperti ini ia sudah rasakan sejak tahun 1989.

“Seingat saya sejak 1989 ini sudah diadakan. Terimakasih kepada Redaktur Sumut yang telah membuat kegiatan seperti ini lagi. Tentu ke depannya nanti kita mampu menjadi wartawan yang lebih baik dan saya yakin kawan-kawan yang ada di sini sangat mencintai Waspada,” tandasnya.(cel/a06)

  • Bagikan