Launching SIKGPAI, Kepengurusan Guru PAI Kab Asahan Dilantik

  • Bagikan
Kakan Kemenag Kab Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd, melaunching SIKGPAI. Waspada/Sapriadi
Kakan Kemenag Kab Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd, melaunching SIKGPAI. Waspada/Sapriadi

KISARAN (Waspada): Untuk meningkatkan kualitas dan mutu Guru Pendidikan Agama Islam dan mampu melahirkan generasi beriman, bertaqwa, berkarakter dan cerdas, Kemenag Kab Asahan launching Sistem Informasi dan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (SIKGPAI) sekaligus melantik kepengurusan FGK PAI TK, KKG PAI SD, dan MGMP PAI SMP.

Launching SIKGPAI ini di Aula Dinas Pendidikan Kab Asahan, Selasa (26/10), dihadiri Kadis Pendidikan melalui Kabid SMP Mursaid, Kabid Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumut Dr.H. Mukshin Batubara, M.Pd, Kakan Kemenag Kab Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd, Ketua Komisi A DPRD Asahan Syaddad Nasution, dan perwakilan Cabdis Kisaran Disdik Pemprovsu, serta TIM Monitoring PKP dari Balai Diklat Keagamaan Medan

Kasi PAI Kemenag Kab Asahan Suwastati Sagala selaku Reformer, dalam pemaparan program menjelaskan bahwa SIKGPAI ini merupakan wadah untuk memberikan informasi dan komunikasi dalam bentuk digital, (web-red) merupakan program yang diciptakan oleh sebuah aksi perubahan Kementerian Agama untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mendukung proses belajar dan mengajar agar menjadikan guru yang profesional dan melek pada Teknologi sehingga meningkatkan performa guru yang akan mengimbas pada kualitas anak didik sebagai generasi yang beriman, bertakwa, berkarakter dan cerdas.

“Di dalam web SIKGPAI ini terdiri dari menu-menu data guru, kurikulum, buku pembelajaran, bahan ajar yang akan memuat informasi tentang pembelajaran untuk meningkatkan mutu bagi guru PAI, sehingga khazanah wawasan guru terus ditambah, dalam meningkatkan mutu pembelajaran, juga ada menu yang memuat kegiatan Guru dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dan menu yang lainnya” jelas Suwastati

Suwastati juga mengatakan mengatakan kemajuan teknologi berkembang pesat, dan mau tidak mau para guru PAI harus mengikutinya, sehingga metode pembelajaran kepada peserta didik sesuai dengan kemajuan jaman.

“Para guru PAI mempunyai tugas mulia yaitu mendidik generasi agar menjadi generasi yang beriman, bertaqwa, berkarakter dan cerdas. Sehingga SIKGPAI ini dibuat dapat membantu tugas para guru, menjadikan media sharing sesama guru, tanpa batas waktu dan tempat karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. SIKGPAI ini juga dapat diakses oleh orang tua siswa dan masyarakat umum, untuk melihat kegiatan yang telah dilakukan oleh guru PAI” jelas Suwastati

Kakan Kemenag Kab Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd melantik kepengurusan FGK PAI TK, KKG PAI SD, dan MGMP PAI SMP. Waspada/Sapriadi

Sedangkan Kakan Kemenag Kab Asahan Dr. H. Hayatsyah, M.Pd, dalam sambutannya SIKGPAI ini merupakan langkah dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAI, karena keberadaan guru sangat penting dan strategis dalam melahirkan generasi emas, generasi yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

“Oleh sebab itu di era transformasi digital ini, SIKGPAI ini bisa menjadi jawaban dalam meningkatkan kemampuan bagi para guru dalam bidang teknologi, untuk melahirkan generasi emas,” jelas Hayatsyah.

Diharap SIKGPAI ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam berbagi informasi dalam pembelajaran untuk guru PAI, pendidikan agama kepada peserta didik bisa dilakukan dengan metode pembelajaran yang relevan dan mudah dimengerti.

“Pendidikan agama itu sangat penting, sehingga bisa melahirkan generasi mempunyai akhlak mulia, dalam membangun bangsa negeri ini,” jelas Hayatsyah.

Selain itu Hayatsyah juga melantik kepengurusan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP, Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD Gugus 1, Gugus 2, Gugus 3, Gugus 4, dan Gugus 5 dan Forum Komunitas Guru TK. (a02/a19/a20)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *