Waspada
Waspada » Lanal TBA Tangkap Kapal Penyelundup Manusia Di Tengah Covid-19
Headlines Sumut

Lanal TBA Tangkap Kapal Penyelundup Manusia Di Tengah Covid-19

Puluhan Pekerja Migran Indonesia diamankan Petugas Lanal TBA. Lanal TBA Tangkap Kapal Penyelundup Manusia Di Tengah Covid-19. Waspada/Ist
Puluhan Pekerja Migran Indonesia diamankan Petugas Lanal TBA. Lanal TBA Tangkap Kapal Penyelundup Manusia Di Tengah Covid-19. Waspada/Ist

TANJUNGBALAI (Waspada) : Patroli Keamanan Laut Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) menangkap kapal yang mencoba menyelundupkan manusia ke Malaysia di Muara Sungai Asahan Kab Asahan, Kamis (8/4) dinihari.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory SE menjelaskan, penangkapan berawal dari informasi satu unit kapal sedang berlayar menuju Malaysia dengan membawa sejumlah orang. Kapal itu diduga akan menyeberangkan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mencari pekerjaan ke Malaysia secara ilegal.

Petugas menindaklanjuti informasi itu dengan melakukan patroli dan melihat kapal mencurigakan dengan ciri dimaksud, berlayar menuju lautan lepas. Petugas kemudian melakukan pengejaran dan penyetopan serta memeriksa muatannya.

Hasilnya, dari boat kayu ukuran 5 GT tersebut, petugas menemukan 37 Pekerja Migran Indonesia (PMI) terdiri dari 24 pria, 12 wanita, dan 1 anak-anak jenis kelamin perempuan. Petugas lalu mengamankan para PMI berikut nakhoda inisial MW dan dua ABKnya.

Setelah dilaksanakan penggeledahan terhadap kapal muatan dan barang bawaan, tidak ditemukan barang-barang terlarang baik oleh PMI maupun ABK. Saat ini calon PMI tersebut diamankan di Mako Lanal TBA di Desa Asahan Mati Kab Asahan untuk selanjutnya diserahkan ke petugas Imigrasi.

Nakhoda kapal atas perbuatannya dijerat UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran yang akan disidik oleh petugas berwenang TNI AL dalam hal ini Lanal TBA. Sedangkan pelanggaran keimigrasian akan ditangani oleh petugas dari Imigrasi Tanjungbalai.

“Menjelang bulan Ramadhan ataupun akhir tahun memang marak pelanggaran, baik itu masuknya barang selundupan ataupun keluar masuk ke Indonesia secara ilegal tanpa di lengkapi dokumen, oleh karena itu Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono menekankan ke jajaran di bawahnya untuk tetap waspada menjaga keamanan perairan di wilayahnya masing-masing,” ujar Danlanal.

Hingga saat ini 37 calon PMI dan Kapal beserta ABK masih dalam pengawasan Lanal Tanjungbalai Asahan. Berdasarkan perintah dari Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. S.E., M.M., tambah Danlanal, pemeriksaan kapal agar terus dilanjutkan sesuai proses dan tetap berkoordinasi dengan instansi samping yang berwenang terhadap keimigrasian. Senada dengan itu Danlantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menekankan agar kegiatan pemeriksaan tetap mengutamakan protokol kesehatan. (A21/A22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2