Waspada
Waspada » KPUD Tapsel Gelar Simulasi Penyerahan Dukungan Calon Independen
Sumut

KPUD Tapsel Gelar Simulasi Penyerahan Dukungan Calon Independen

Ketua KPUD Tapsel Panataran (tengah) Simanjuntak membua simulasi penyerahan dukungan calon independen.Waspada/ist.
Ketua KPUD Tapsel Panataran (tengah) Simanjuntak membua simulasi penyerahan dukungan calon independen.Waspada/ist.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (28/1) gelar simulasi penyerahan dukungan calon independen pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel Tahun 2020.

Simulasi penyerahan syarat dukungan calon independen yang digelar di aula Kantor KPU Tapsel, Jl.Willem Iskandar, Sadabuan, P.Sidimpuan dipimpin Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak bersama empat komisioner lainnya, Syawaluddin Lubis, Kemry Syafei Nst, Efendi Rambe dan Zulhajji Siregar.

Divisi Teknis KPU Tapsel, Syawaluddin Lubis mengatakan bagi calon bupati dan wakil bupati Tapsel yang ingin maju dari jalur perseorangan atau independen harus terlebih dahulu mendaftarkan tim atau operatornya untuk mendapatkan akun SILON (Sistim Informasi Pencalonan) dari KPU Tapsel.

Penyerahan syarat dukungan calon perseorangan, ujar Syawaluddin mulai tanggal 19 sampai 23 Februari 2020 dari pukul 09.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib.” Sesuai ketentuan untuk hari terakhir, 23 Februari 2020 sampai pukul 24.00 Wib,’ katanya.

Proses pendaftaran bakal calon Independen pada Pilkada serentak tahun 2020 berbeda dengan tahun 2015.Bakal pasangan calon dari jalur independen harus menyerahkan data dokumen dukungan jauh hari sebelum tanggal penyerahan yang diunggah melalui SILON.

“Artinya persiapan tim atau perator pasangan calon untuk memasukkan data dukungan melalui SILON sudah dapat dilakukan setelah KPU mengumumkan penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan,” ungkapnya

Menurutnya, data dari SILON tersebut akan menjadi dasar bagi KPU melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.”Jika syarat dukungan telah memenuhi syarat, maka bakal pasangan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri dari 16 Juni sampai dengan 18 Juni 2020.” paparnya.

Terkait dengan jumlah dukungan calon independen, Syawaluddin menjelaskan syarat minimal dukungan sebanyak 20.402 dokumen yang tersebar di 8 kecamatan yang ada di Tapsel.(cml/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2