Waspada
Waspada » KPU Tobasa Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Dan Perolehan Suara Pilkada
Headlines Sumut

KPU Tobasa Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Dan Perolehan Suara Pilkada

Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka KPU Tobasa rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 di Labersa Toba Hotel, Rabu (16/12). KPU Tobasa Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Dan Perolehan Suara Pilkada Waspada/Ramsiana Gultom
Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka KPU Tobasa rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 di Labersa Toba Hotel, Rabu (16/12). KPU Tobasa Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Dan Perolehan Suara Pilkada Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba Samosir menggelar Rapat Pleno Terbuka dengan agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 di Labersa Toba Hotel, Rabu (16/12).

Mewakili Bupati, Asisten I, Harapan Napitupulu dalam sambutannya mengapresiasi penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada Toba, 9 Desember 2020 lalu.

“Terkonfirmasi positif terdata meningkat, namun khusus untuk Pilkada walaupun sudah terlaksana tidak ada laporan munculnya cluster baru akibat pelaksanaan Pilkada tersebut. Kami mengapresiasi kinerja penyelenggara Pilkada mulai dari kebupaten, kecamatan, desa hingga TPS yang telah menerapkan protokol kesehatan sehingga seluruh tahapan Pilkada yang sudah dilalui tidak memunculkan pasien terkonfirmasi positif akibat tahapan tersebut,” ujar Harapan.

Harapan juga berterimakasih kepada penyelenggara Pilkada baik KPU dan Bawaslu atas terlaksananya Pilkada damai di Kabupaten Toba. Dia berharap agar rapat pleno terbuka hasil perhitungan suara tingkat kabupaten bisa selesai dengan baik hingga penetapan hasil Pilkada oleh KPU.

“Kita berharap hasil Pilkada ini adalah izin Tuhan dan masyarakat Kabupaten Toba dapat menerima hasilnya dan penyelenggara melaksanakan sesuai dengan undang-undang. Kami berharap kita akan memberikan perhatian yang sungguh-sungguh selama berada di ruangan ini hingga proses rekapitulasi selesai dilakukan,” ujar Harapan.

Ketua KPU Tobasa Henri M.Pardosi mengucapkan terimakasih kepada seluruh PPK, PPS, KPPS hingga Linmas. Tekhusus kepada masyarakat Toba yang telah berpartisipasi datang ke TPS sesuai jam yang telah ditetapkan oleh petugas dan menjaga protokol kesehatan.

“Terhadap hasil rekapitulasi yang diatur dalam PKPU, ada yang berbeda pada rekapitulasi Pilkada sebelumnya. Sirekap (Sistem rekapitulasi) menggantikan Situng (sistem hitung) ternyata jauh lebih efektif, lebih cepat dan akurat. Sirekap akan tetap kita lakukan dalam rekapitulasi pemilihan selanjutnya. Seluruh rekapitulasi mulai tingkat TPS, Kecamatan hingga hari ini benar-benar menjalankan protokol kesehatan terutama pemakaian masker,” papar Henri.

Terkait rekapitulasi di tingkat Kabupaten, ujar Henri telah diatur dalam PKPU nomor 5 tahun 2020 dimana jadwal rekaputulasi hasil perhitungan suara dilaksanakan antara tanggal 13-17 Desember 2020.

“Untuk Kabupaten Toba Samosir kita lakukan tanggal 16 Desember. Rekapitulasi hari ini merupakan dasar penetapan Bupati dan Wakil Bupati Toba. Jika tidak ada permohonan sengketa Pilkada terigistrasi di MK, maka Bupati dan Wakil Bupati akan kita tetapkan 5 hari ke depan, sebaliknya jika ada sengketa terregistrasi di MK, maka KPU akan menetapkan 5 hari setelah ada surat putusan penyelesaian sengketa Pilkada dari MK. Semoga rekapitulasi hari ini berjalan lancar,” pungkas Henri.

Hadir dalam Pleno tersebut, seluruh komisioner KPU Tobasa, Ketua Bawaslu Toba Romson Purba, komisioner Bawaslu Thomson Manurung, Kajari Toba Samosir Robinson Sitorus, Kasi Intel Kajari Toba Samosir Gilbeth Sitindaon, Mewakili Dandim 0210 TU Pabung Mayor Inf Kaminton Napitupulu, Wakapolres Toba Kompol Janner Panjaitan, Kasat Intel Polres Toba AKP Anthony Rajagukguk, Saksi dari pasangan nomor urut 1, Saksi dari pasangan nomor 2, seluruh PPK se kabupaten Toba dan seluruh Panwascam se Kabupaten Toba. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2