Waspada
Waspada » KPU Toba Sampaikan Hasil Verifikasi Bapaslon Bupati Dan Wakil Bupati
Headlines Sumut

KPU Toba Sampaikan Hasil Verifikasi Bapaslon Bupati Dan Wakil Bupati

Penyerahan berita acara hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba di Aula KPU Toba, Senin (14/9) dalam rapat terbuka KPU Toba. Waspada/Ramsiana Gultom
Penyerahan berita acara hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba di Aula KPU Toba, Senin (14/9) dalam rapat terbuka KPU Toba. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba sampaikan hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba dalam rapat pleno terbuka di Aula KPU Toba, Senin (14/9).

Ketua KPU Toba, Henri MH Pardosi mengatakan, dasar dilakukannya verifikasi dokumen Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati mengacu pada; pada PKPU nomor 3 tahun 2017, PKPU nomor 15 tahun 2017 dan PKPU nomor 18 tahun 2019, PKPU nomor 1 tahun 2020 dan PKPU nomor 9 tahun 2020 yang merupakan ketentuan dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati ditambah pedoman teknis berdasarkan surat keputusan KPU RI nomor 394 tahun 2020.

“Dalam pedoman teknis sudah disebutkan indikator apa saja yang harus dilakukan KPU pada verifikasi administrasi bakal pasangan calon. Sejak tanggal 6 September hingga 13 September sudah kita lakukan. Jika ada yang belum memenuhi syarat pada verifikasi maka akan ada masa perbaikan dokumen di tingkat KPU tanggal 14 hingga tanggal 16 September nanti,” papar Henri.

Komisioner KPU lainnya, Rantu Pasaribu menyampaikan hasil penelitian kebenaran dokumen bakal pasangan calon yang tertuang pada lampiran model BA.HP.KWK adalah; Penelitian BB1, BB2. Yang paling utama adalah ijazah minimum dulu yakni SMA sederajat disertai kebasahan gelar yang tertera di dokument BB2, Foto Copy KTP sebagai bukti keabsahan autentik identitas diri. KTP harus sesuai dengan BB1 dan BB2 dan harus sesuai dengan foto copy KTP, SKCK dan surat pemeriksaan kesehatan yang sudah dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga tanggal 12 September lalu.

“Sesuai tahapan ada 3 hari masa perbaikan, dokumen yang tidak sesuai bisa dilakukan perbaikan mulai hari ini hingga tanggal 16 nanti. Jika sudah dilakukan perbaikan bisa diserahkan kembali kepada KPU,” ujar Rantu.

Rantu membacakan hasil verifikasi dimulai dari pembacaan hasil verifikasi Bapaslon yang pertama mendaftar yakni Poltak Sitorus-Tonny Simanjuntak dilanjut dengan Bapaslon Darwin Siagian-Hulman Sitorus.

Berdasarkan hasil penelitian pemeriksaan dokumen pasangan calon atas nama Poltak Sitorus-Tonny Simanjuntak dan Darwin Siagian-Hulman Sitorus sama sama dinyatakan belum memenuhi syarat. Hal ini tertuang dalam berita acara KPU yang dibacakan oleh Ketua KPU Toba Henri MH Pardosi dan ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Toba.

“Kedua Bapaslon dinyatakan belum memenuhi syarat dan wajib memperbaiki dokumen pasangan calon sesuai berita acara yang dibacakan paling lambat tanggal 16 September,” papar Henri.

Turut hadir dalam rapat pleno terbuka ini, Ketua Bawaslu Tobasa Romson Purba, Asisten I Pemkab Harapan Napitupulu, Koramil Balige Kapten ARH Poltak Pardede, Wakapolres Tobasa Kompol Janner Panjaitan, Kajari Tobasa Robinson Sitorus, Kabag Tapem Lahsa J Manullang. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2