Waspada
Waspada » KPU Toba Samosir Sosialisasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara
Sumut

KPU Toba Samosir Sosialisasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara

KPU Toba Samosir selenggarakan sosialisai pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada 9 Desember 2020 kepada Pers di Aula KPU Toba Samosir, Kamis (26/11). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir menyelenggarakan sosialisasi tatap muka pemungutan dan penghitungan suara pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Toba) kepada Pers di Aula KPU Tobasa, Kamis (26/11).

Sebanyak 50 media cetak, online dan TV dilibatkan dalam sosialisasi ini, tujuannya agar lewat pemberitaan media, masyarakat Toba yang memberikan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 nanti semakin memahami bagaimana tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Toba Samosir Henri M Pardosi didampingi seluruh komisioner KPU Toba Samosir. Dalam sambutannya, Henri mengatakan pelaksanaan pemungutan suara nantinya akan diawali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tanpa mengesampingkan tata cara pemungutan suara.

“Kemudian pelaksanaan protokol kesehatan agar diutamakan sesuai aturan yang telah ditetapkan berdasarkan tahapan undang undang dan PKPU,” ujar Henri.

Komisioner KPU Toba Samosir Divisi Teknis, Ranto Pasaribu selaku pemateri memaparkan tentang hal hal baru di dalam pemungutuan suara di TPS berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan berdasarkan PKPU No.6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan di tengah Pandemi Covid-19.

Divisi Sosialisasi Sugar Fernando Sibarani mengatakan hingga kini KPU Toba Samosir optimis pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 dapat berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Bimtek kepada seluruh PPK dan PPS sudah kita lakukan, demikian juga sosialisasi kepada masyarakat sudah berjalan. Kita harapkan pada hari H pelaksanaan Pilkada hingga selesai penetapan hasil Pilkada,
tidak menimbulkan cluster baru dalam penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba,” papar Sugar.

Komisioner Divisi Program dan Data, Charles Pangaribuan menyampaikan, pemungutan suara akan dimulai pukul 07.00 Wib dan berakhir pada pukul 13.00 Wib.

“Ada lima sesion yang disiapkan KPU selama proses pemungutan suara berlangsung. Guna mengatasi kerumunan massa, PPS telah memaktubkan waktu pemilihan di surat undangan yang telah dibagikan kepada pemilih. Jadi pemilih harus hadir berdasarkan jam memilih yang telah dijadwalkan petugas,” pungkas Charles.

KPU Toba Samosir menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada nanti mencapai target 77,5% dari jumlah DPT 133.394 yakni sebanyak 103.380 pemilih. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2