Waspada
Waspada » KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pemenang Pilkada Toba
Headlines Sumut

KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pemenang Pilkada Toba

Ketua KPU Toba menyerahkan Berita Acara Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba tahun 2020, kepada pasangan Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak, Kamis (21/1). KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pemenang Pilkada Toba. Waspada/ Ramsiana Gultom
Ketua KPU Toba menyerahkan Berita Acara Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba tahun 2020, kepada pasangan Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak, Kamis (21/1). KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pemenang Pilkada Toba. Waspada/ Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tahun 2020 yakni pasangan Ir. Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak, SE. Rapat Pleno Terbuka di gelar di Aula Kantor KPU Toba, Kamis (21/1).

Hadir dalam penetapan ini, Komisioner KPU Provinsi, Batara Manurung, Bawaslu Toba Romson Purba, Dandim 0210/TU, Wakapolres Toba, Asisten I Harapan Napitupulu, Wakil Ketua DPRD Toba Chandrow Manurung, Kasi Intel Kejari Tobasa Gilbeth Sitindaon dan Partai Pendukung.

Ketua KPU Toba, Hanry MH Pardosi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya telah telah melakukan tahapan pemilihan sebagaimana diamanatkan oleh PKPU nomor 29 tahun 2020, salah satu tahapannya adalah penetapan calon terpilih atau Calih.

“Sebelumnya kita sudah melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan pada tanggal 16 Desember lalu. Ada jangka waktu yang cukup panjang sehingga warga Toba menunggu-nunggu penetapan Calih ini,” ujar Henri.

Pemenang pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ditetapkan berdasarkan Berita Acara Nomor : 49/OL.02.7-BA/1212/KPU-Kab/I/2021 Tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Toba Tahun 2020.

“Terimakasih kepada semua pihak yang membantu KPU dalam pelaksannaan Pilkada terutama kepada seluruh masyarakat Toba yang telah mensukseskan Pilkada tanpa adanya riak-riak di kalangan masyarakat Toba. Demikian halnya kepada kedua pasangan calon yang telah turut menjaga keamanan dan kekondusifan sepanjang pelaksanaan Pilkada di Toba,” imbuh Henry.

Komisioner KPU Provinsi, Batara Manurung mengatakan, setelah ditetapkan hasil rekapitulasi pada 16 Desember lalu, maka diberi ruang bagi pasangan calon untuk mencari ruang keadilan melalui Makamah Konstitusi.

Dipaparkannya, untuk Sumut ada 11 daerah yang bersengketa di MK dan ada 12 daerah yang tidak mendaftarkan sengketa di MK.

“Kami KPU Provinsi sangat berbangga hati dengan KPU Toba dan sekretariat, karena mulai dari awal tidak ada riak-riak keributan pada pelaksanaan Pilkada. Tentu itu tidak terlepas dari integritas ke lima Komisioner KPU Toba,” paparnya.

Ditambahkannya, khusus untuk Toba Batara Manurung mengapresiasi partisipasi kehadiran pemilih pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember lalu.

“Untuk tingkat partisipasi pemilih Toba mencapai 79 persen, padahal target nasional hanya 77,5 persen. Tentu ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan dan tak terlepas dari integritas kelima komisoner KPU dan Bawaslu Toba,” puji Batara.

Ketua Bawaslu Toba, Romson Purba menyampaikan sejak adanya Pilkada di Kabupaten Toba ini, Pilkada tahun 2020 bersama seluruh tahapannya merupakan pelaksanaan Pilkada yang paling aman dan kondusif.

Diakuinya, hanya ada 12 laporan sejak dimulainya tahapan hingga penetapan rekapitulasi perolehan suara.

“Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Toba yang semakin dewasa dalam berdemokrasi,” pungkas Romson.

Sekdakab Toba Apresiasi

Sekretaris Daerah Audy Murphy Sitorus mengapresiasi seluruh pelaksanaan tahapan Pilkada Toba mulai dari awal hingga kini memasuki tahapan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

“Kami yakin seluruh masyarakat Toba akan berbahagia dimulai dari hari ini setelah penetapan Calon Terpilih. Atas nama Pemkab Toba kami sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh KPU bersama Bawaslu Kabupaten Toba atas keberhasilan menetapkan pasangan calon terpilih 2020,” ujar Audy.

Secara khusus Audy juga mengapresisi tingginya partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pilkada Toba 9 Desember 2020 lalu.

“Karena partisipasi pemilih di Kabupaten Toba mencapai 79 persen dan di atas target nasional kita patut apresiasi. Mudah-mudahan dengan partisipasi di atas target nasional ini akan berimbas juga kepada pasangan pak Poltak dan Pak Tonny akan mampu memimpin Toba mencapai rata-rata di atas nasional,” imbuhnya.

Audy juga berharap pasangan muda ini menjadi pemimpin yang amanah dan membawa kabupaten Toba ke arah yang lebih baik, lebih sejahtera dan lebih bahagia. Ditegaskannya, bahwa di pundak Bupati dan Wakil Bupati yang baru ditetapkan telah dititip harapan besar warga Toba dan akan menjadi tumpuan seluruh warga Toba.

“Visi dan Misi pada Pilkada lalu akan berubah menjadi Visi dan Misi Kabupaten Toba, hanya tinggal menyesuaikan dengan RPJPD dan RPJMD ke 5. Atas nama Pemerintah Toba saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap satu derap langkah bergandengan tangan bersama Bupati dan Wakil Bupati membawa ke arah yang lebih baik. Keputusan KPU hari ini akan segera kita tindak lanjuti bersama DPRD Toba,” pungkas Audy Murphy Sitorus. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2