Waspada
Waspada » KPU Dan Kejari Tapsel Tandatangani MoU Hadapi Perkara
Sumut

KPU Dan Kejari Tapsel Tandatangani MoU Hadapi Perkara

Kajari Tapsel Ardian SH (kanan) dan Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak (kiri) tandatangan MoU perkara perdata, Kamis (13/2).Waspada/Mohot Lubis.
Kajari Tapsel Ardian SH (kanan) dan Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak (kiri) tandatangan MoU perkara perdata, Kamis (13/2).Waspada/Mohot Lubis.

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Jelang Pilkada Tapsel Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kejaksaaan Negeri (Kejari) Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (13/2) tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) hadapi perkara perdata.

Nota kesepahaman antara kedua lembaga tersebut ditandatangani Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak dan Kajari Tapsel Ardian SH di aula KPU Tapsel, Jl.Willem Iskandar, Sadabuan, P.Sidimpuan.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak mengatakan penandatangan MoU itu merupakan tindak lanjut dari sinergitas yang terbangun selama ini serta untuk persiapan dalam menghadapi gugatan. ‘Kita tidak berharap adanya gugatan selama proses pilkada Tapsel, namun kita juga tidak bisa memprediksi bahwa tidak ada gugatan. Makanya kita buat MoU dengan Kajari Tapsel,” ujar Panataran.

Menurutnya, kesuksesan pelaksanaan Pilkada Tapsel yang sudah diambang pintu tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

Kajari Tapsel Ardian SH mengatakan MoU dengan lembaga penyelenggara pemilu itu sangat penting dalam menghadapi perkara atau gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) maupun di Mahkamah Konstitusi (MK) selama proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel.

MoU yang telah ditandatangani itu, lanjut Kajari, idealnya ditindaklanjuti dengan surat kuasa khusus dari KPU Tapsel kepada Kejari Tapsel sebagai pengacara negara dalam mengahadapi gugatan perkaran perdata jika ada yang menggugat.

Namun Kajari menyarankan, KPU harus bersikap cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan yang mencuat kepermukaan “ika ada perkara perdata dalam proses pilkada Tapsel, kita berharap diselesaikan diluar pengadilan,” harapnya.

Penandatangan MoU atau nota kesepahaman tersebut disaksikan Kasi Datun Kejari Tapsel Amardi Petrus Barus, anggota KPU Tapsel Sawaluddin Lubis, Efendi Rambe, Zulhajji Siregar dan Kemry Syafei Nasution serta Sekretaris KPU Tapsel Haris Ritonga.(Cml/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2