banner 325x300

KPU Beri Pencerahan Kepada Parpol Tentang Pencalonan Pilkada Tapsel

  • Bagikan
Anggota KPU Sumut Batara Manurung (berdiri pegang mikrofon) memberikan penjelasan tentang tata cara dan syarat dukungan pencalonan di Pilkada Tapsel. Sabtu (22/8).Waspada/Mohot Lubis
Anggota KPU Sumut Batara Manurung (berdiri pegang mikrofon) memberikan penjelasan tentang tata cara dan syarat dukungan pencalonan di Pilkada Tapsel. Sabtu (22/8).Waspada/Mohot Lubis

TAPSEL (Waspada) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Tapanuli Selatan (Tapsel) memberikan pencerahan kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Tahun 2019 terkait pencalonan bakal calon Bupati dan wakil Bupati di Pilkada Tapsel Tahun 2020, Sabtu (22/8).

Pencerahan atau penguatan pemahaman tentang tata cara dan syarat dukungan bakal calon dilakukan KPU Tapsel melalui sosialisasi pencalonan Pilkada Tapsel yang digelar di Syaakira View and Resto Aek Sabaon, Keca.Marancar, Tapsel.

Sosialisasi yang menghadirkan anggota KPU Sumut Batara Manurung sebagai narasumber dibuka Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak dan dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Roy Candra Sihombing, Wakapolres Tapsel, serta utusan parpol peserta Pemilu 2019.

Anggota KPU Sumut Batara Manurung menjelaskan, merujuk pada PKPU No.1 Tahun 2020, maka syarat dukungan calon dari partai politik peserta pemilu sebanyak 20 persen dari kursi di legislatif atau 25 dari akumulasi suara sah hasil Pemilu Legislatif tahun 2019.

DPRD Tapsel yang memiliki 35 kursi anggota dewan saat ini, lanjut Batara Manurung, maka untuk dapat mengusung satu pasangan calon Bupati/Wakil Buapti Tapsel, partai politik atau gabungan partai politik minimal memiliki 7 kursi di DPRD Tapsel.

Berkas pencalonan yang disampaikan parpol ke KPU pada waktu pendaftaran paslon dari tanggal 4 sampai 6 Septermber 2020, paparnya harus ditandatangani ketua dan sekretaris partai yang sah sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Jika pendaftaran bakal pasangan calon tidak dilaksanakan oleh pimpinan partai politik tingkat provinsi atau kab/kota, maka pendaftaran bakal pasangan calon yang telah disetujui parpol tingkat pusat dapat dilakukan oleh partai politik atau gabungan partai politik tingkat pusat,” ungkapnya

Selanjutnya diberi kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terkait pencalonan tersebut. Pada tanggal 23 September 2020 paslon yang memenuhi syarat ditetapkan sebagai calon Bupati Dan Wakil Bupati Tapsel Periode 2020-2025.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak berharap partai politik yang akan mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel agar ikut berperan aktif mensukseskan pilkada tersebut.

Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu menegaskan Pemkab Tapsel siap mendukung pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.” Untuk Sumatra Utara ada 3 daerah yang realisasi NPHD-nya tepat waktu dan jumlah yaitu Tapsel, Karo, Labusel,” ungkapnya. (a39/B)

 

  • Bagikan