KPPS Linmas Wajib Agen Prokes

KPPS Linmas Wajib Agen Prokes

  • Bagikan
Rapid Test calon KPPS dan Linmas hari terakhir, di aula kantor Camat Kisaran Timur Kamis (18/11). KPPS Linmas wajib Agen Prokes. Waspada/Nurkarim Nehe
Rapid Test calon KPPS dan Linmas hari terakhir, di aula kantor Camat Kisaran Timur Kamis (18/11). KPPS Linmas wajib Agen Prokes. Waspada/Nurkarim Nehe

KISARAN (Waspada): 17.568 orang anggota KPPS dan Linmas Pilkada Asahan 9 Desember 2020 wajib menjadi agen perubahan perilaku sehat patuh protokol kesehatan (Prokes).

Ketua PPK Kota Kisaran Timur Pangulu Siregar SH mengatakan hal itu di kantor camat Kisaran Timur, hari terakhir Rapid Test penyelenggara Pilkada Asahan, Kamis (18/11). “Menjadi agen perubahan perilaku sehat patuh Prokes otomatis sekaligus melindungi diri dan keluarga,” katanya.

Secara kuantitas jumlah KPPS dan Linmas, lanjutnya, sangat strategis dalam upaya mewujudkan Pilkada 2020 yang bersih tanpa Covid-19 di sisi lain sangat efisien mengajak masyarakat mematuhi Prokes.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan mewajibkan sedikitnya 17.568 calon anggota KPPS dan Linmas menjalani rapid tes dengan menggandeng pihak ke-3, dan bila ditemukan reaktif akan langsung diganti.

Komisioner KPUD Asahan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Samiun Sembara Marpaung saat dikonfirmasi Waspada.id, Selasa (17/11) menjelaskan rapid tes ini dimulai sejak 13-22 November, padahal jadwalnya sebenarnya dimulai 8 November, tapi dikarenakan Dinas Kesehatan Kab Asahan dan RSUD Kisaran tidak mampu menyediakan alat rapid tes yang terlalu banyak.

“Sehingga kita menggandeng pihak ke-3 yaitu clinik milik swasta untuk melakukan rapid tes sebanyak 17.568 calon anggota KPPS dan Linmas,” jelas Samiun.

Samiun mengatakan bahwa pihaknya akan tetap berkordinasi dengan Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas Covid-19 Kab Asahan bila hasil pemeriksaan ini reaktif untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan isolasi mandiri.

“Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi ini harus dipastikan penyelenggara tidak terpapar Covid, agar Pilkada Asahan bisa berjalan aman dan sehat,” jelas Samiun.(a02/a19/a20)

 

 

 

  • Bagikan