Kondisi Koperasi Di Binjai Memprihatinkan

  • Bagikan
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemko Binjai Drs. Afwan, dan peserta pelatihan. (Waspada/ Ist)
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemko Binjai Drs. Afwan, dan peserta pelatihan. (Waspada/ Ist)

BINJAI (Waspada) : Wali Kota Binjai diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Afwan, Senin (15/11) membuka Pelatihan Akuntansi Tingkat Dasar dan Lanjutan Bagi Pengelola Koperasi di RM Kebun Pondok Punokawan Binjai. Afwan menyatakan saat ini kondisi lembaga perkoperasian di Kota Binjai masih mengalami permasalahan mendasar.

Diantaranya faktor keterampilan dan kemampuan manajerial pengelola koperasi, perubahan sikap dan mindset pengurus, serta anggota koperasi belum sepenuhnya mengarah kepada peningkatan kualitas koperasi, kemudian cukup banyak koperasi yang tidak aktif. Afwan tidak menyebutkan berapa banyak koperasi di Binjai yang sudah tidak aktif atau tidak beroperasi lagi.

Hal tersebut menjadi perhatian serius mendorong lembaga koperasi di Kota Binjai bisa maju, tumbuh dan berkembang menjadi koperasi modern. Pemerintah Kota Binjai sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Binjai No. 2 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 telah merumuskan strategi dan kebijakan meningkakan peran koperasi.

Untuk itu dilaksanakan pelatihan, pendampingan secara berkelanjutan serta memberikan akses perijinan dan pemanfaatan teknologi digital untuk penerbitan sertifikat nomor induk koperasi sekaligus digunakan untuk melakukan pelaporan keuangan, pelaporan kelembagaan dan pelaporan usaha koperasi.

Pemerintah Kota Binjai berharap pelaku UMKM dapat membentuk koperasi sesuai dengan kebutuhan usaha. Apalagi saat ini cukup dengan 9 orang saja sudah dapat mendirikan koperasi.

“Saya mengharapkan kepada pengurus dan anggota koperasi di Kota Binjai tetap semangat, akuntabel, transparan, profesional dan mandiri agar koperasi di Kota Binjai dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan anggota dan masyarakat umum serta mampu berkontribusi terhadap peningkatan PDRB Kota Binjai,” ungkapnya.(a12/B)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *